Telegram Rodja Official

Al-Kabaair

Dosa Besar Kelima Belas: Sombong – Bagian ke-1 – Kitab Al-Kabair (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq Al-Badr)

By  | 

Ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan kitab Al-Kabair oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Firanda Andirja, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman lanjutan kajian kitab Al-Kabair yang disampaikan oleh Syaikh ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr hafidzahumallah, yang disampaikan pada Ahad sore, 24 Al-Muharram 1436 / 17 November 2014 di Radio Rodja dan Rodja TV. Pada pertemuan sebelumnya, Syaikh menjelaskan tentang “Dosa Besar Ketiga Belas dan Keempat Belas (Pemimpin yang Melakukan Penipuan dan Kezaliman kepada Rakyatnya, Bagian ke-3 dan Minum Khamar)“, dan pada kajian kali ini beliau akan menjelaskan tentang “Dosa Besar Kelima Belas (Sombong, Bagian ke-1)“. Semoga bermanfaat.

Pembahasan dalam Rekaman Kajian Kitab Al-Kabair Ini: Dosa Besar Kelima Belas (Sombong, Bagian ke-1)

Termasuk dalam kategori kesombongan adalah berbangga diri, pamer, ujub, angkuh, dan merasa tinggi.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَقَالَ مُوسَى إِنِّي عُذْتُ بِرَبِّي وَرَبِّكُم مِّن كُلِّ مُتَكَبِّرٍ لَّا يُؤْمِنُ بِيَوْمِ الْحِسَابِ

“Dan Musa berkata: “Sesungguhnya aku berlindung kepada Tuhanku dan Tuhanmu dari setiap orang yang menyombongkan diri yang tidak beriman kepada hari berhisab”.” (QS Al-Mukmin [40]: 27)

Baca Juga:
Dosa Besar Keenam Puluh Empat dan Keenam Puluh Lima: Minum Menggunakan Bejana Emas dan Perak serta Perdebatan dan Permusuhan - Kitab Al-Kabair (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq Al-Badr)

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman lagi:

إِنَّهُ لاَ يُحِبُّ الْمُسْتَكْبِرِينَ

“Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong.” (QS An-Nahl [16]: 23)

Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman:

الَّذِينَ يُجَادِلُونَ فِي آيَاتِ اللَّهِ بِغَيْرِ سُلْطَانٍ أَتَاهُمْ كَبُرَ مَقْتاً عِندَ اللَّهِ وَعِندَ الَّذِينَ آمَنُوا كَذَلِكَ يَطْبَعُ اللَّهُ عَلَى كُلِّ قَلْبِ مُتَكَبِّرٍ جَبَّارٍ

“(Yaitu) orang-orang yang memperdebatkan ayat-ayat Allah tanpa alasan yang sampai kepada mereka . Amat besar kemurkaan (bagi mereka) di sisi Allah dan di sisi orang-orang yang beriman. Demikianlah Allah mengunci mati hati orang yang sombong dan sewenang-wenang.” (QS Al-Mukmin [40]: 35)

Dengarkan dan Download Seri Kajian Kitab Al-Kabair – Syaikh ‘Abdur Razzaq: Dosa Besar Kelima Belas (Sombong, Bagian ke-1)

Mari sebarkan kebaikan dengan membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ kita. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan kita semua.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.