Telegram Rodja Official

Fiqhul Akhlaaq

Bersikap Lemah Lembut dan Tawadhu kepada Orang Lain – Kitab Fiqhul Akhlaq (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 7:10 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 19 Desember 2014 pukul 2:14 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=9637

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Berikut ini merupakan kelanjutan dari pembahasan Kitab Fiqhul Akhlaq (فقه الأخلاق) karya Syaikh Mushtafa Al-‘Adawi rahimahullah. Pada pertemuan yang lalu, Ustadz Badrusalam telah menjelaskan tentang Menghilangkan Keraguan dan Tuduhan dari Kaum Muslimin. Dan pada pertemuan kali ini, beliau akan menyampaikan tentang “Bersikap Lemah Lembut dan Tawadhu kepada Orang Lain“. Kajian ini disampaikan pada Rabu pagi, 26 Al-Muharram 1436 / 19 November 2014, pukul 05:30 – 07:00 WIB. Semoga bermanfaat

Ringkasan Ceramah Agama Islam – Kajian Kitab Fiqhul Akhlaq: Bersikap Lemah Lembut dan Tawadhu kepada Orang Lain

Syaikh Mushtafa Al-‘Adawi rahimahullah mengatakan:

عليك بالرفق واللين وحفض الجناح للمؤمنين

“Hendaknya kamu bersikap lemah lembut dan tawadhu kepada kaum mukminin.”

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman kepada rasulNya:

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللّهِ لِنتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنتَ فَظّاً غَلِيظَ الْقَلْبِ لاَنفَضُّواْ مِنْ حَوْلِكَ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الأَمْرِ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللّهِ إِنَّ اللّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

“Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma’afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu . Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepadaNya.” (QS Ali Imran [3]: 159)

Baca Juga:
Kaidah Penetapan Nama-Nama Allah

Di ayat ini Allah mengingatkan rasulNya akan nikmat yang berupa sifat dan sikap lemah lembut. Hal ini menunjukan bahwa seorang yang diberikan sifat lemah lembut berarti ia telah mendapatkan rahmat dari Allah Ta’ala. Dan sebaliknya, seorang yang bersikap kasar dan sombong maka ia dijauhkan dari rahmaNya.

Allah Ta’ala juga berfirman:

وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِمَنِ اتَّبَعَكَ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ

“Dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang mengikutimu, yaitu orang-orang yang beriman.”

Bagaimana penjelasan mengenai hal ini? Simak penjelasan selengkapnya dari pembahasan fikih akhlak oleh Ustadz Badrusalam, Lc. dari bahasan kitab Fiqhul Akhlaq, dengan cara download ceramah agama ini, atau dengarkan langsung dari player yang tersedia. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama: Bersikap Lemah Lembut dan Tawadhu kepada Orang Lain

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

÷ 7 = 1

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.