Telegram Rodja Official

Amanah dalam Menjaga Rahasia dan Menjauhi Sifat Khianat – Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

By  |  pukul 3:10 pm

Terakhir diperbaharui: Rabu, 08 Jumadil awal 1437 / 17 Februari 2016 pukul 1:54 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=9724

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary ini merupakan hasil rekaman pada Senin, 2 Shafar 1435 / 24 November 2014. Ceramah agama ini berkaitan dengan seri pembahasan Aktualisasi Akhlak Muslim, yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap muslim. Pada pertemuan sebelumnya beliau telah menjelaskan tentang Amanah dalam Harta, Titipan, dan Juali Beli, dan kali ini beliau akan membawakan kajian denga tema “Amanah dalam Menjaga Rahasia dan Menjauhi Sifat Khianat“.

Ringkasan Ceramah Agama: Aktualisasi Akhlak Muslim

Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia: Amanah dalam Menjaga Rahasia dan Menjauhi Sifat Khianat

Islam menganjurkan setiap muslim agar menjaga rahasia saudaranya sehingga mereka hidup bermasyarakat dengan tenang, damai, dan jauh dari keresahan, kedengkian, maupun dendam. Karenanya setiap muslim dituntut untuk mempu membedakan mana perkataan atau urusan yang termasuk rahasia dan mana yang bukan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Baca Juga:  Redaksi Ucapan Salam - Kitab Fiqhul Akhlaq (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

إذا حدث الرجل بالحديث ثم التفت فهي أمانة

“Jika seseorang membicarakan sesuatu sambil memalingkan muka (ke kiri maupun ke kanan), maka pembicaraannya itu adalah amanah.” (HR Abu Dawud dan At-Tirimidzi)

Dalam hadits lain, Nabi melarang istri menceritakan sosok teman perempuannya kepada suaminya sehingga dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Beliau bersabda:

لا تباشر المرأة المرأة فتنعتها لزوجها كأنه ينظر إليها

“Janganlah seorang wanita berdekat-dekatan dengan wanita lain lalu menceritakan sosoknya secara detail kepada suaminya hingga seakan-akan laki-laki itu melihatnya secara langsung.” (HR Al-Bukhari)

Salah satu hal yang dilarang di dalam Islam kepada umatnya adalah sifat khianat. Pepatah mengatakan bahwa khianat sama halnya dengan menggunting dalam lipatan atau menjegal teman sejalan. Sungguh tiada yang lebih sakit selain dikhianati. Maka jauhilah olehmu sifat khianat ini, karena ia sangat tercela. Bukan hanya manusia yang membencinya, tetapi Allah pun demikian, bahkan terhadap orang kafir.

Baca Juga:  Sikap Orang Beriman dalam Menyambut Ramadhan - Khutbah Jumat (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Allah Ta’ala berfirman:

إِنَّ اللّهَ لاَ يُحِبُّ الخَائِنِينَ

“Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berkhianat.” (QS Al-Anfal [8]: 58)

Bagaimana penjelasan selengkapnya mengenai sifat amanah dan khianat ini? Download segera dan simak ceramah agama ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama “Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia”: Amanah dalam Menjaga Rahasia dan Menjauhi Sifat Khianat

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Baca Juga:  Akhlak Muslim kepada Rabbnya: Takut / Khauf (Bagian ke-1) - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)
Telegram Rodja Official

1 Comment

  1. jusri

    Jumat, 05 Rajab 1436 / 24 April 2015 at 18:32

    Materinya cukup menyentuh batin,,,

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.