Rodja Peduli

At-Tafsiir Al-Muyassar

Tafsir Surat Al-Kautsar dan Surat Al-Ma’un – Bagian ke-1 – Kitab Tafsir Al-Muyassar (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 7:40 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 02 Maret 2017 pukul 8:32 am

Tautan: http://rodja.id/zd

Ceramah agama Islam tentang tafsir Al-Qur’an Al-Karim oleh: Al-Ustadz Badrusalam, Lc.

Alhamdulillah, dapat kita lanjutkan kembali kajian kitab Tafsir Al-Muyassar bersama Ustadz Badrusalam, Lc., di mana pada kesempatan Selasa, 19 Al-Muharram 1436 / 11 November 2014 yang lalu, telah selesai dibahas Tafsir Surat An-Nashr dan Surat Al-Kafirun. Kemudian pada Selasa malam, 4 Shafar 1436 / 25 November 2014, ba’da Maghrib-Isya, kita dapat melanjutkan kepada “Tafsir Surat Al-Kautsar dan Surat Al-Ma’un (Bagian ke-1)“. Silakan Anda download rekaman tafsir Juz ‘Amma ini sekarang juga.

NB: Mohon maaf, Tidak ada sesi tanya-jawab pada saat kajian ini berlangsung.

Rekaman video: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. – Tafsir Surat Al-Kautsar dan Surat Al-Ma’un – Bagian ke-1 dari Kitab Tafsir Al-Muyassar

[sc:status-tafsir-al-muyassar-ustadz-badrusalam-2013]

Al-Qur’an Al-Karim, Surat Al-Kautsar (108) dan Surat Al-Ma’un (107)

Berikut kami tampilkan surat yang dibahas dalam kesempatan kajian ini, yaitu Surat Al-Kautsar dan sebagian awal dari Surat Al-Ma’un.

Surat Al-Kautsar (108): 1-3

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ (١) فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ (٢) إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ (٣)

Baca Juga:
Bab tentang Menulis Ilmu - Hadits 111-113 - Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Badrusalam, Lc.)

“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu ni’mat yang banyak.(1) Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah.(2) Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.(3)”

Pembahasan Surat Al-Ma’un dimulai dari menit dan detik ke-34:48.

Surat Al-Ma’un (107): 1-7

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

أَرَأَيْتَ الَّذِي يُكَذِّبُ بِالدِّينِ (١) فَذَلِكَ الَّذِي يَدُعُّ الْيَتِيمَ (٢) …

“Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?(1) Itulah orang yang menghardik anak yatim,(2) …”

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Tafsir Surat Al-Kautsar dan Surat Al-Ma’un (Bagian ke-1)

Tafsir Surat Al-Kautsar

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ (١) فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ (٢) إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ (٣)

“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu ni’mat yang banyak.(1) Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah.(2) Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.(3)” (QS Al-Kautsar [108]: 1-3)

Imam Ahmad meriwayatkan dalam Musnad-nya, dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhuma:

أغفى رسول الله صلى الله عليه وسلم إغفاءة ، فرفع رأسه مبتسما ، إما قال لهم وإما قالوا له : لم ضحكت ؟ فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ” إنه أنزلت علي آنفا سورة ” . فقرأ : بسم الله الرحمن الرحيم ( إنا أعطيناك الكوثر ) حتى ختمها ، قال : ” هل تدرون ما الكوثر ؟ ” ، قالوا : الله ورسوله أعلم . قال : ” هو نهر أعطانيه ربي عز وجل في الجنة ، عليه خير كثير ، ترد عليه أمتي يوم القيامة ، آنيته عدد الكواكب ، يختلج العبد منهم فأقول : يا رب ، إنه من أمتي . فيقال : إنك لا تدري ما أحدثوا بعدك

Baca Juga:
Bimbingan Tajwid: Praktik Membaca Al-Qur'an secara Tadwir - Surat Al-Isra: 16-35 (Ustadz Abu Unais Ali Subana)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah suatu ketika hampir pingsan, lalu Rasulullah pun mengangkat kepalanya dalam keadaan beliau tersenyum. Rasulullah bersabda mereka atau mereka berkata kepada Rasulullah, “Kenapa engkau tertawa, wahai Rasulullah?” Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya tadi, aku diturunkan surat,” (kemudian membaca Surat Al-Kautsar. Kemudian Rasulullah bersabda, “Tahukah kalian, apa itu Al-Kautsar?” Para sahabat berkata, “Allah dan RasulNya yang lebih tahu.” Beliau bersabda, “Dia adalah sungai yang diberikan oleh Allah kepadaku, berada di dalam surga, dan padanya terdapat kebaikan yang banyak. Dan nanti umatku pada hari kiamat akan singgah kepadanya, di mana bejana-bejananya sama dengan jumlah bintang di langit. Namun ada beberapa hamba yang tidak bisa minum dari Al-Kautsar.” …”

Ayo kita lanjutkan pengajian kita untuk Tafsir Juz ‘Amma yang kini sedang membahas tentang Tafsir Surat Al-Kautsar, kemudian dilanjut dengan Tafsir Surat Al-Ma’un, segera download rekaman ceramah ini sekarang juga.

Download Kajian Tafsir Al-Qur’an, Surat Al-Kautsar dan Surat Al-Ma’un (Kitab At-Tafsiir Al-Muyassar)

Mari kita share juga ke Facebook, Twitter, dan Google+, semoga menjadi ladang pahala bagi kita yang telah menyebarkan kebaikan sekaligus ilmu syar’i ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.