Telegram Rodja Official

Tematik

Indahnya Berhari Raya Sesuai Sunnah (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

By  |  pukul 11:10 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 16 Juli 2015 pukul 1:27 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=14917

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Ceramah ini adalah yang disampaikan pada Rabu pagi, 28 Ramadhan 1436 / 15 Juli 2015 dengan materi tentang “Indahnya Berhari Raya Sesuai Sunnah“. Dalam ceramah ini, Ustadz Ahmad Zainuddin menyampaikan hal-hal penting seputar hari raya yang perlu kita ketahui dan kita ilmui, untuk kemudian kita amalkan, dikarenakan kita sebentar lagi akan menjumpai hari Idul Fitri. Silakan simak dan download rekaman ceramahnya.

[sc:status-tematik-ustadz-ahmad-zainuddin-2014]

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Indahnya Berhari Raya Sesuai Sunnah

Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

فَاعْلَمْ أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ … (محمد: ١٩)

“Maka ketahuilah (ilmuilah), bahwa sesungguhnya tidak ada Ilah (sesembahan, tuhan) selain Allah …” (QS Muhammad [47]: 19)

Imam Al-Bukhari rahimahullahu Ta’ala ketika menyebutkan ayat ini, beliau mengatakan “باب العلم قبل القول والعمل, (artinya:) “Bab Berilmu Dahulu Sebelum Berkata dan Beramal“. Oleh karena itu, kita ingin memasuki Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah, maka sebelum kita memasuki hari raya tersebut, alangkah baiknya kita berilmu dahulu, karena di dalam hari raya terdapat beberapa amalan-amalan yang disyariatkan di dalam agama Islam, sehingga kita benar-benar, sebagaimana kita, yaitu beramal di atas ilmu agama yang didasari dari Al-Qur’an dan Sunnah yang dipahami oleh Salafush Shalih.

Baca Juga:
Pandangan Islam terhadap Nabi Isa dan Injil (Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.)

Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha adalah Rahmat dari Allah Subhanahu wa Ta’ala

Mengapa rahmat? Karena Hari Raya Idul Adha dan Idul Fitri, 2 hari tersebut, 2 hari yang kaum Muslim di dalamnya bersuka-cita, riang gembira, makan dan minum, 2 hari yang merupakan kebanggaan kaum Muslim, 2 hari yang merupakan syi’ar dari syi’ar Islam, itu adalah 2 hari pilihan Allah Subhanahu wa Ta’ala, yang menggantikan seluruh hari raya-hari raya yang dimiliki oleh manusia sedunia.

Coba perhatikan, sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Imam Abu Dawud, dan yang lainnya. Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dia bercerita:

قَدِمَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، وَلأَهْلِ الْمَدِينَةِ يَوْمَانِ يَلْعَبُونَ فِيهِمَا فِي الْجَاهِلِيَّةِ ، فَقَالَ : قَدِمْتُ عَلَيْكُمْ ، وَلَكُمْ يَوْمَانِ تَلْعَبُونَ فِيهِمَا فِي الْجَاهِلِيَّةِ ، وَقَدْ أَبْدَلَكُمُ اللَّهُ بِهِمَا خَيْرًا مِنْهُمَا : يَوْمَ النَّحْرِ ، وَيَوْمَ الْفِطْرِ

“Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam mendatangi kota Madinah (dalam rangka berhijrah) dan pada waktu itu penduduk kota Madinah mempunyai 2 hari yang mereka bermain-bermain / bersuka-cita pada dua hari tersebut tatkala masa Jahiliyah. Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Aku datang kepada kalian dan kalian memiliki 2 hari yang kalian bersuka-cita / riang gembira di dalam 2 hari tersebut, dan Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menggantikan 2 hari tersebut dengan yang lebih baik darinya, yaitu Hari Raya Idul Adha dan Hari Raya Idul Fitri.”

Baca Juga:
Lakukan Sekarang sebelum Akhirat Datang (Ustadz Maududi Abdullah, Lc.)

Simak hal apa saja yang perlu kita ketahui dan ilmui terkait dengan Hari Raya Idul Fitri dengan menyimak dan mendownload ceramah ini sekarang juga.

Download Ceramah Agama: Ustadz Ahmad Zainuddin – Indahnya Berhari Raya Sesuai Sunnah

Share yuk ceramah ini ke Facebook, Twitter, dan Google+.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

÷ 1 = 6

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.