Masjid Al-Barkah

Al-Ghaayah wa At-Taqriib - Matan Abu Syuja

Bab Syarikah / Syirkah – Kitab Matan Abu Syuja’ (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)

By  |  pukul 9:07 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 18 September 2015 pukul 2:02 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=15980

Kajian oleh: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab Al-Ghayah wa At-Taqrib atau biasa disebut Matan Abu Syuja’, kajian ini mengambil pembahasan khusus yaitu yang berkaitan dengan fiqih mu’amalat. Kitab ini merupakan kitab fiqih Madzhab Syafi’i, karya Syaikh Abu Syuja’ Ahmad bin Al-Husain bin Ahmad Al-Ashfahani rahimahullah. Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. pada Jumat pagi, 4 Dzulhijjah 1436 / 18 September 2015. Pada pertemuan yang lalu, Ustadz Erwandi telah menyampaikan tentang “Bab Wakalah“, dan pada pertemuan kali ini beliau akan membahas Kitabul Buyu’ yaitu tentang “Bab Syarikah / Syirkah“.

Ringkasan Kajian Kitab Matan Abu Syuja’

Kitabul Buyu’ (كتاب البيوع) Bab Syarikah / Syirkah

Pada kajian kali ini akan dibahas mengenai permasalah “Bab Syarikah” atau “Syirkah“. Penulis kitab ini, yaitu Syaikh Abu Syuja’ Ahmad bin Al-Husain bin Ahmad Al-Ashfahani rahimahullah berkata:

وللشركة خمس شرائط: أن يكون على ناضّ من الدراهم والدنانير، وأن يتفقا في الجنس والنوع، وأن يخلِطَا المالَيْن، وأن يأذنَ كلُّ واحد منهما لصاحِبِه في التَّصَرُّف، وأن يكون الربح والخُسران على قَدْر المالَيْن. ولكل واحد منهما فَسْخُهَا متى شاء، ومتى مات أحدُهما بَطَلَت

Baca Juga:
Bab Muzara'ah - Kitab Matan Abu Syuja' (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)

“Dan untuk syarikah itu memiliki 5 (lima) syarat. Yang pertama, dilakukan secara tunai dari dirham dan dinar (atau mata uang yang berlaku-red). Harus ada kesepakatan dalam segi jenis dan macamnya dan bercampurnya dua harta. Kemudian harus ada izin antara yang berserikat dengan yang lainnya dalam mengelola usahanya. Keuntungan serta kerugian harus sesuai dengan kadar harta yang dikeluarkan. Bagi setiap salah seorang dari keduanya, boleh membatalkan akadnya kapan saja. Dan hal yang membatalkan akad syirkah adalah wafatnya salah satu di antara kedua orang yang berserikat.”

Simak selengkapnya pembahasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan bab wakalah ini bersama Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kitab Matan Abu Syuja’ (Kitabul Buyu’) – Bab Syarikah / Syirkah

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.