Telegram Rodja Official

Syarh Riyaadhush Shaalihiin

Bab Penjelasan Orang-orang yang Termasuk Syuhada hingga Bab Keutamaan Budak yang Menjalankan Hak Allah dan Tuannya – Bab 235-238 – Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. DR ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr)

By  |  pukul 6:10 pm

Terakhir diperbaharui: Rabu, 15 April 2015 pukul 1:55 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=5361

Ceramah agama tentang kajian kitab Riyadhush Shalihin oleh: Syaikh Prof. DR ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Firanda Andirja, M.A.

Simak kembali kajian Islam dari pembahasan kitab Riyadhush Shalihin karya Imam An-Nawawi rahimahullah. Rekaman ini adalah lanjutan dari kajian sebelumnya yang membahas Bab 234 Bagian ke-4.

Dalam pembahasan kali ini, Syaikh Abdur Razzaq bin Abdil Muhsin Al-Abbad Al-Badr membawakan beberapa bab sekaligus, di antaranya, Bab ke-235 tentang “Bab Penjelasan Orang-orang yang Termasuk Syuhada dari Sisi Pahala di Akhirat“; Bab ke-236 tentang “Bab Keutamaan Membebaskan Budak“; Bab ke-237 tentang “Bab Berbuat Baik kepada Budak“; Bab ke-238 tentang “Bab Keutamaan Budak yang Menjalankan Hak Allah Dan Hak Tuannya“. Rekaman ini diambil dari siaran live di di Radio Rodja dan RodjaTV pada Ahad sore, 15 Rabi’ul Akhir 1435 / 16 Februari 2014.

Kami telah meralat, bahwa kajian ini adalah yang diselenggarakan insyaAllah apda Ahad, 15 Rabi’ul Akhir 1435 / 16 Februari 2014, di mana sebelumnya adalah Senin, 16 Rabi’ul Akhir 1435 / 17 Februari 2014. Perubahan yang terjadi hanyalah pada nama file yang Anda download, silakan unduh kembali apabila diinginkan.

[sc:status-riyadhush-shalihin-syaikh-abdur-razzaq-abdul-muhsin-2013]

Daftar Isi

Baca Juga:
Bab Karomah Para Wali dan Keutamaan Mereka - Bagian ke-2 - Bab 253 - Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. Dr. 'Abdur Razzaq bin 'Abdil Muhsin Al-Badr)

Pembahasan dalam Rekaman Kajian Kitab Riyadhush Shalihin Ini: Kitab Jihad (كتَابُ الجهاد)

Bab ke-235: Bab Penjelasan Orang-orang yang Termasuk Syuhada dari Sisi Pahala di Akhirat (باب بيان جماعة من الشهداء في ثواب الآخرة)

[00:00]

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

الشُّهَدَاءُ خَمْسَةٌ: المَطْعُونُ وَالمَبْطُونُ، وَالغَرِيقُ، وَصَاحِبُ الهَدْمِ، وَالشَّهِيدُ في سَبِيلِ اللهِ. متفقٌ عَلَيْهِ

“Orang-orang yang tergolong mati syahid itu ada 5: orang yang meninggal dunia karena wabah penyakit, orang yang meninggal karena sakit perut, orang yang meninggal karena tenggelam, orang yang meninggal karena tertimpa sesuatu, dan orang yang syahid (terbunuh) di jalan Allah.” (Muttafaqun ‘Alaihi)

Bab ke-226: Bab Keutamaan Membebaskan Budak ( باب فضل العتق)

[21:51]

Allah Ta’ala berfirman:

فَلَا اقْتَحَمَ الْعَقَبَةَ، وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْعَقَبَةُ، فَكُّ رَقَبَةٍ

“Tetapi dia tiada menempuh jalan yang mendaki lagi sukar. Tahukah kamu apakah jalan yang mendaki lagi sukar itu? (Yaitu) melepaskan budak dari perbudakan.” (QS Al-Balad [90]: 11-13)

Bab ke-237: Bab Berbuat Baik kepada Budak (باب فضل الإحسان إِلَى المملوك)

[36:16]

Allah Ta’ala berfirman:

وَاعْبُدُواْ اللّهَ وَلاَ تُشْرِكُواْ بِهِ شَيْئاً وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَاناً وَبِذِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالجَنبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukanNya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu bapak, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu.” (QS An-Nisa [4]: 36)

Baca Juga:
Keutamaan Istighfar dan Perintah untuk Melakukannya - Bagian ke-3 - Bab 371 - Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. Dr. 'Abdur Razzaq bin 'Abdil Muhsin Al-Badr)

Bab ke-238: Keutamaan Budak yang Menjalankan Hak Allah Dan Hak Tuannya (باب فضل المملوك الَّذِي يؤدي حق الله وحق مواليه)

[51:13]

Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إنَّ العَبْدَ إِذَا نَصَحَ لِسَيِّدِهِ، وَأَحْسَنَ عِبَادَةَ اللهِ، فَلَهُ أَجْرُهُ مَرَّتَيْنِ. متفقٌ عَلَيْهِ

“Sesungguhnya seorang budak jika melaksanakan kewajibannya kepada tuannya dengan sebaik-baiknya, dan dia beribadah kepada Allah dengan baik pula, maka dia mendapatkan pahal dua kali.” (Muttafaqun ‘Alaihi)

Simaklah penjelasan lebih lanjut pembahasan kitab Riyadhush Shalihin bersama ulama besar dari kota Madinah, Syaikh ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdilmuhsin Al-‘Abbad Al-Badr hafidzahullah.

Dengarkan dan Download Seri Kajian Kitab Syarah Riyadhush Shalihin – Syaikh ‘Abdur Razzaq: Bab 235-238 – Bab Penjelasan Orang-orang yang Termasuk Syuhada hingga Bab Keutamaan Budak yang Menjalankan Hak Allah dan Tuannya

Jangan lupa untuk turut menyebarkan kebaikan dengan membagikan link ceramah agama ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda semua.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

44 ÷ = 22

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.