Masjid Al-Barkah

Adab dan Akhlak Seorang Muslim

Tidak Diperbolehkan Melamar Wanita yang Telah Dilamar oleh Orang Lain (Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, Lc.)

By  |  pukul 8:10 pm

Terakhir diperbaharui: Rabu, 07 Januari 2015 pukul 11:14 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=9358

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman dari kajian lanjutan dengan pembahasan tentang Adab dan Akhlak Seorang Muslim. Pada pertemuan sebelumnya, Ustadz Muhammad Nuzul telah menyampaikan tentang Menolong Saudara Muslim dari Perbuatan Zalim (Bagian ke-2). Dan pada kajian kali ini, beliau akan menyapaikan pembahasan tentang “Tidak Diperolehkan Melamar Wanita yang Telah Dilamar oleh Orang Lain“. Kajian ini disiarkan live di Radio Rodja dan TV Rodja pada Sabtu ba’da Maghrib, 16 Al-Muharram 1436 / 8 November 2014. Semoga bermanfaat.

[sc:status-adab-dan-akhlak-seorang-muslim-ustadz-muhammad-nuzul-dzikry-2013]

Ringkasan Ceramah Agama Adab dan Akhlak Seorang Muslim

Tidak Diperolehkan Melamar Wanita yang Telah Dilamar oleh Orang Lain

Salah satu adab dalam persaudaraan muslim adalah tidak melamar wanita yang telah dilamar oleh saudara kita semuslim. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَلَا يَخْطُبَ عَلَى خِطْبَةِ أَخِيهِ حَتَّى يَذَرَ

“Dan tidak boleh melamar wanita yang telah dilamar oleh saudaranya, sampai saudaranya meninggalkan wanita tersebut.”

Ini merupakan adab yang sangat mulia, yang berkaitan dengan menjaga persaudaraan di antara kaum muslimin. Hukum melamar wanita yang telah dilamar oleh orang lain adalah haram. Namun, dalam hal ini ada beberapa pengecualian yang menyebabkan kita boleh melamar wanita tersebut, di antaranya adalah:
– Apabila si pelamar pertama itu meninggalkan wanita tersebut atau membatalkan rencana pernikahan mereka. Maka dalam hal ini pelamar ke dua boleh maju.
– Pelamar pertama mengizinkan.
– Jika lamaran pelamar pertama ditolak oleh si wanita atau si wanita membatalkan rencana pernikahan mereka tanpa ada campur tangan pelamar kedua.

Baca Juga:
Sifat Istiqamah - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

Bagaimana penjelasan selengkapnya tentang pembahasan adab dan akhlak ini? Silakan simak penjelasan Ustadz Muhammad Nuzul di dalam rekaman kajian ini. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama Adab dan Akhlak Seorang Muslim: Tidak Diperolehkan Melamar Wanita yang Telah Dilamar oleh Orang Lain

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link pengajian agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain turut mendapatkan manfaatnya. Jazakumullahu Khairan.

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.