Masjid Al-Barkah

Al-Kabaair

Dosa Besar Kedelapan Belas dan Kesembilan Belas: Menuduh Zina kepada Wanita Baik-Baik dan Ghulul / Mengambil Harta yang Bukan Haknya dari Ghanimah, Baitul Mal, atau Zakat – Kitab Al-Kabair (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq Al-Badr)

By  |  pukul 6:10 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 26 Januari 2015 pukul 4:35 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=9908

Ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan kitab Al-Kabair oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Firanda Andirja, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman lanjutan kajian kitab Al-Kabair yang disampaikan oleh Syaikh ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr hafidzahumallah, yang disampaikan pada Senin sore, 8 Shafar 1436 / 1 Desember 2014. Pada pertemuan sebelumnya, Syaikh menjelaskan tentang “Dosa Besar Keenam Belas dan Ketujuh Belas (Persaksian Palsu dan Homoseksual)“, dan pada kajian kali ini beliau akan menjelaskan tentang “Dosa Besar Kedelapan Belas dan Kesembilan Belas (Menuduh Zina kepada Wanita Baik-Baik dan Ghulul / Mengambil Harta yang Bukan Haknya dari Ghanimah, Baitul Mal, atau Zakat)“. Semoga bermanfaat.

Pembahasan dalam Rekaman Kajian Kitab Al-Kabair Ini: Dosa Besar Kedelapan Belas dan Kesembilan Belas

Dosa Besar Kedelapan Belas:Menuduh Zina kepada Wanita Baik-Baik

Menuduh wanita mukminah (wanita baik-baik) dengan tuduhan zina merpukana dosa besar. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Baca Juga:
Dosa Besar Pertama: Syirik / Menyekutukan Allah - Bagian ke-2 - Kitab Al-Kabair (Syaikh Prof. Dr. 'Abdur Razzaq Al-Badr)

إِنَّ الَّذِينَ يَرْمُونَ الْمُحْصَنَاتِ الْغَافِلَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ لُعِنُوا فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَلَهُمْ عَذَابٌ عَظِيمٌ، يَوْمَ تَشْهَدُ عَلَيْهِمْ أَلْسِنَتُهُمْ وَأَيْدِيهِمْ وَأَرْجُلُهُم بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

“Sesungguhnya orang-orang yang menuduh wanita yang baik-baik, yang lengah lagi beriman (berbuat zina), mereka kena la’nat di dunia dan akhirat, dan bagi mereka azab yang besar. Pada hari (ketika), lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan.” (QS An-Nur [24]: 23-24)

Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman:

وَالَّذِينَ يَرْمُونَ الْمُحْصَنَاتِ ثُمَّ لَمْ يَأْتُوا بِأَرْبَعَةِ شُهَدَاء فَاجْلِدُوهُمْ ثَمَانِينَ جَلْدَةً وَلَا تَقْبَلُوا لَهُمْ شَهَادَةً أَبَداً وَأُوْلَئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ

“Dan orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik (berbuat zina) dan mereka tidak mendatangkan empat orang saksi, maka deralah mereka (yang menuduh itu) delapan puluh kali dera, dan janganlah kamu terima kesaksian mereka buat selama-lamanya. Dan mereka itulah orang-orang yang fasik.” (QS An-Nur [24]: 4)

Dosa Besar Kesembilan Belas:Ghulul / Mengambil Harta yang Bukan Haknya dari Ghanimah, Baitul Mal, atau Zakat

Ghulul adalah mengambil harta yang bukan haknya baik itu dari ghanimah (harta rampasan perang), baitul mal (hartanya kaum muslimin), atau dari zakat. Dan ini merupakan dosa besar. Allah Ta’ala berfirman:

وَإِمَّا تَخَافَنَّ مِن قَوْمٍ خِيَانَةً فَانبِذْ إِلَيْهِمْ عَلَى سَوَاء إِنَّ اللّهَ لاَ يُحِبُّ الخَائِنِينَ

“Dan jika kamu khawatir akan (terjadinya) pengkhianatan dari suatu golongan, maka kembalikanlah perjanjian itu kepada mereka dengan cara yang jujur. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berkhianat.” (QS Al-Anfal [8]: 58)

Baca Juga:
Memperingatkan Manusia dari 7 Dosa Besar Yang Membinasakan

Allah Ta’ala juga berfirman:

وَمَا كَانَ لِنَبِيٍّ أَن يَغُلَّ وَمَن يَغْلُلْ يَأْتِ بِمَا غَلَّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ثُمَّ تُوَفَّى كُلُّ نَفْسٍ مَّا كَسَبَتْ وَهُمْ لاَ يُظْلَمُونَ

“Tidak mungkin seorang nabi berkhianat dalam urusan harta rampasan perang. Barangsiapa yang berkhianat dalam urusan rampasan perang itu, maka pada hari kiamat ia akan datang membawa apa yang dikhianatkannya itu, kemudian tiap-tiap diri akan diberi pembalasan tentang apa yang ia kerjakan dengan (pembalasan) setimpal, sedang mereka tidak dianiaya.” (QS ALi Imran [3]: 161)

Dengarkan dan Download Seri Kajian Kitab Al-Kabair – Syaikh ‘Abdur Razzaq: Dosa Besar Kedelapan Belas dan Kesembilan Belas

Mari sebarkan kebaikan dengan membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ kita. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan kita semua.

6 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.