Rodja Peduli

Mutiara Sahur

Bagaimana Kita Menyambut Bulan Ramadhan – Mutiara Sahur (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

By  |  pukul 7:10 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 18 Juni 2015 pukul 10:30 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=14388

Kajian Mutiara Sahur oleh: Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman kajian dari program Mutiara Sahur yang disampaikan secara live di Radio Rodja dan Rodja TV, pada Kamis pagi, 1 Ramadhan 1436 / 18 Juni 2015. Kajian ini disarikan dari “(مقالات رمضانية)” karya Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr, dan dikaji oleh Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.. Kajian ini hadir sembari menemani waktu sahur Anda dan keluarga. Pada kajian ini, Ustadz Syafiq membahas tema tentang “Bagaimana Kita Menyambut Bulan Ramadhan“. Semoga bermanfaat.

Ringkasan Kajian Mutiara Sahur: Bagaimana Kita Menyambut Bulan Ramadhan

Di antara nikmat-nikmat agung yang Allah berikan kepada hamba-hambaNya adalah Allah Ta’ala menjadikan musim-musim kebaikan, yang mana di musim itu ketaatan bertambah, dosa-dosa dihapuskan, dan kesalahan-kesalahan dimaafkan, kebaikan-kebaikan dilipat gandakan pahalanya.

Allah Ta’ala juga mencurahkan keberkahan yang banyak di musim ini, musim ini adalah bulan suci Ramadhan. Waktu yang tepat bagi setiap muslim untuk berlomba-lomba mencari berkah dari Allah Ta’ala. Dan di bulan inilah Allah Ta’ala menurunkan kitab suci Al-Quran sebagai petunjuk bagi hamba-hambaNya. Allah Ta’ala berfirman:

Baca Juga:
Selamatnya Hati dan Lisan selama Puasa - Mutiara Sahur (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيَ أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).” (QS Al-Baqarah [2]: 185)

Dalam menyambut bulan Ramadhan, kita hendaknya mempunyai bekal, di antaranya adalah ilmu tentang Ramadhan dan keinginan. Jika keduanya bersatu di dalam hati, maka insya Allah kita akan dimudahkan untuk beribadah secara baik dan maksimal di dalam bulan suci ini.

Silakan Download Kajian Mutiara Sahur: Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. – Bagaimana Kita Menyambut Bulan Ramadhan

Mari kita share link download kajian yang bermanfaat ini, ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga bermanfaat untuk kita dan saudara-saudara kita yang lain. Jazakumullahu khairan.