Rodja Peduli

Mencetak Generasi Rabbani

Memilihkan Bacaan Anak

By  |  pukul 10:41 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 23 September 2021 pukul 12:57 pm

Tautan: https://rodja.id/37e

Memilihkan Bacaan Anak merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary dalam pembahasan Mencetak Generasi Rabbani. Kajian ini disampaikan pada Selasa, 14 Shafar 1443 H / 21 September 2021 M.

Kajian sebelumnya: Interaksi Anak-Anak dengan Internet

Kajian Islam Ilmiah Tentang Memilihkan Bacaan Anak

Biasanya anak-anak suka majalah, buku-buku cerita, atau komik. Karena itulah jiwa anak sukarela menerima apa yang disuguhkan dalam setiap bacaan itu.

Terkadang bacaan-bacaan itu berisi doktrin-doktrin, propaganda-propaganda dan pemikiran-pemikiran tertentu yang tanpa disadari itu masuk ke dalam benak si anak. Tentunya ini sangat berbahaya. Maka dari itu orang tua harus menyaring bacaan anak-anak. Karena ini akan mempengaruhi alam berfikirnya.

Dan ilmu juga ada tahapannya. Anak-anak tingkatan usia tertentu belum waktunya membaca hal-hal yang rumit dan membutuhkan nalar untuk memahami apa yang tertulis. Jadi harus kita ketahui juga bacaan-bacaan yang memang cocok untuk anak-anak.

Sebagian komik kadang-kadang menanamkan keyakinan yang bersebrangan dengan Islam. Cerita-ceritanya, tokoh-tokohnya dan apa yang ditampilkan di komik itu terkadang bertentangan dengan nilai-nilai Islam. Tentunya ini sangat mempengaruhi cara berpikir anak tersebut.

Maka berilah bacaan-bacaan yang memang jelas manfaatnya. Seperti kisah-kisah para Nabi dan Rasul, para sahabat, para ulama, atau orang-orang shalih. Hal itu akan menginspirasi anak-anak tersebut.

Baca Juga:
Larangan Menjadikan Orang Kafir Sebagai Penolong

Alhamdulillah sudah banyak bermunculan majalah dan buku anak Islami yang bisa menjadi salah satu solusi, sehingga kita berharap nilai-nilai Islam yang terkandung dan tertanam di dalamnya itu bisa juga tertanam sedini mungkin dalam diri anak-anak kita.

Ini adalah usaha orang tua untuk menjadikan anaknya menjadi anak yang suka membaca. Gemar membaca adalah satu hal yang perlu ditanamkan kepada anak. Namun tidak cukup sampai disitu, kita juga harus menyeleksi dan mengetahui pasti bacaan-bacaan mereka.

Bagaimanan penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link kajian “Memilihkan Bacaan Anak” ini melalui jejaring sosial Facebook, Twitter dan yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.