Masjid Al-Barkah

Fiqih Do'a dan Dzikir

Doa Memasrahkan Diri Kepada Allah Sebelum Tidur

By  |  pukul 10:05 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 07 November 2022 pukul 9:44 am

Tautan: https://rodja.id/3m8

Doa Memasrahkan Diri Kepada Allah Sebelum Tidur merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Doa dan Dzikir yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 5 Rabi’ul Akhir 1444 H / 31 Oktober 2022 M.

Lihat sebelumnya: Doa Syukur Sebelum Tidur

Kajian Tentang Doa Memasrahkan Diri Kepada Allah Sebelum Tidur

Al-Bara’ bin ‘Azib Radhiyallahu ‘Anhu bercerita, bahwa suatu hari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda kepadanya: “Apabila engkau akan tidur, berwudhulah seperti akan shalat, kemudian berbaringlah dengan posisi miring ke sebelah kanan, lalu bacalah:

اللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِي إِلَيْكَ، وَفَوَّضْتُ أَمْرِي إِلَيْكَ، وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ، رَهْبَةً وَرَغْبَةً إِلَيْكَ، لاَ مَلْجَأَ وَلاَ مَنْجَا مِنْكَ إِلَّا إِلَيْكَ، آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِي أَنْزَلْتَ، وَبِنَبِيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ

‘Ya Allah, aku memasrahkan diriku kepadaMu. Dan aku menyerahkan urusanku kepadaMu. Aku menyandarkan punggungku kepada penjagaanMu. Aku mengucapkan kalimat-kalimat tadi karena takut terjerumus hal-hal yang membuatmu murka, juga karena aku berharap curahan rahmatMu. Hanya Engkau yang bisa menyelamatkan kami dari hukumanMu. Aku mengimani kitab yang Engkau turunkan, dan aku juga mengimani Nabi yang Engkau utus.’

Bila engkau wafat setelahnya maka engkau wafat dalam keadaan fitrah. Jadikanlah doa ini sebagai urutan terakhir doa-doamu sebelum tidur.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca Juga:
Mengajarkan Seni dan Keindahan Kepada Anak

Dari hadits ini kita tahu bahwa ajaran Islam itu lebih keren daripada sekedar nasihat dari pakar kesehatan. Kalau nasihat dari pakar kesehatan sebelum tidur disuruh cuci kaki. Adapun orang Islam diperintahkan untuk wudhu. Tentu wudhu lebih bersih daripada sekedar cuci kaki. Ketika seorang berwudhu, maka dia dalam keadaan suci. Tubuh suci itu adalah kondisi tubuh yang paling sempurna.

Apa kandungan dan keutamaan yang luar biasa dari doa ini? Mari download mp3 kajiannya. Download juga mp3 bacaan dzikir pagi dan petang.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Doa Memasrahkan Diri Kepada Allah Sebelum Tidur” ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.