Masjid Al-Barkah

Syarah Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama'ah

Masuk Surga dengan Sebab Rahmat Allah

By  |  pukul 4:28 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 14 November 2022 pukul 8:40 am

Tautan: https://rodja.id/3mn

Masuk Surga dengan Sebab Rahmat Allah adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Syarah Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Yazid bin ‘Abdul Qadir Jawas pada 6 Jumadal Awal 1443 H / 11 Desember 2021 M.

Kajian sebelumnya: Al-Wa’du dan Al-Wa’iid

Masuk Surga dengan Sebab Rahmat Allah

Di poin yang keempat, ada orang-orang yang dipersaksikan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bahwa dia termasuk ahli Surga. Maka kita mengatakan dia ahli Surga, sesuai dengan nash. Tapi kita tidak boleh mengatakan orang yang berbuat kebaikan (siapun dia) sebagai ahli Surga. Karena yang berhak mengatakan demikian adalah berdasarkan wahyu. Menentukan seseorang masuk Surga atau Neraka adalah berdasarkan wahyu.

Begitu juga tentang orang yang berbuat kejelekan/dosa/maksiat dari kaum muslimin. Tidak boleh kita mengatakan bahwa dia ahli Neraka. Harus dasarnya wahyu. Tapi orang-orang kafir yang sudah jelas kafir dan mati dalam keadaan kafir, tempatnya di neraka, sesuai dengan nash Al-Qur’an.

5. Menit ke-22:09 Ahlus Sunnah menetapkan orang-orang yang dipastikan masuk Neraka dengan dasar ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits-hadits yang shahih, seperti Abu Lahab (‘Abdul ‘Uzza bin ‘Abdil Muththalib), dan isterinya (Ummu Jamil Arwa bintu Harb), Fir’aun, Haman, Qarun, serta yang lainnya.

Baca Juga:
Pengertian Sunnah, Jama'ah, hingga Kesesatan Murji'ah - Kitab Al-Intishar (Ustadz Badrusalam, Lc.)

6. Menit ke-38:47 Ahlus Sunnah meyakini bahwa Surga tidak dipastikan kepada seseorang pun walaupun amal perbuatannya baik, kecuali Allah memberikan kepadanya keutamaan dan rahmat, maka ia akan dimasukkan ke dalam Surga dengan sebab rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَلَوْلَا فَضْلُ اللَّهِ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَتُهُ مَا زَكَىٰ مِنكُم مِّنْ أَحَدٍ أَبَدًا وَلَٰكِنَّ اللَّهَ يُزَكِّي مَن يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

“Sekiranya bukan karena karunia Allah dan rahmatNya kepada kamu sekalian, niscaya tidak seorang pun dari kamu bersih (dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar itu) selama-lamanya, tetapi Allah membersihkan siapa yang dikehendakiNya. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. An-Nur[24]: 21)

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

لَنْ يُدْخِلَ أَحَدًا مِنْكُمْ عَمَلُهُ الْجَنَّةَ، قَالُوْا: وَلاَ أَنْتَ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: وَلاَ أَنَا، إِلاَّ أَنْ يَتَغَمَّدَنِيَ اللهُ مِنْهُ بِفَضْلٍ وَرَحْمَةٍ.

“Tidaklah seseorang di antara kalian dimasukkan ke dalam Surga karena amalannya.” Para Sahabat bertanya: “Dan tidak juga engkau, Ya, Rasulullah?” Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjawab: “Ya, tidak juga aku, kecuali Allah meliputiku dengan keutamaan serta rahmatNya.” (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad)

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download Mp3 Kajian Masuk Surga dengan Sebab Rahmat Allah

Jangan lupa untuk membagikan link download kajian tentang “Masuk Surga dengan Sebab Rahmat Allah” ini melalui Facebook, Twitter atau yang lainnya. Jazakumullahu khoiron.

Baca Juga:
Hal-Hal Yang Bisa Merusak Keistiqamahan

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.