Masjid Al-Barkah

Syarh Hadits Jibril fi Ta'limiddiin

Iman kepada Hari Akhir

By  |  pukul 9:16 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 14 Juni 2024 pukul 9:17 am

Tautan: https://rodja.id/5e4

Iman kepada Hari Akhir adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Syarh Hadits Jibril fi Ta’limiddiin. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Iqbal Gunawan, M.A pada Rabu, 28 Dzulqa’dah 1445 H / 5 Juni 2024 M.

Kajian sebelumnya: Iman Kepada Para Rasul

Kajian Islam Tentang Iman kepada Hari Akhir

Pada kesempatan ini kita akan membahas iman kepada hari akhir. Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam banyak ayat Al-Qur’an, bahkan hadits-hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, selalu menggabungkan antara iman kepada Allah dan iman kepada hari akhir.

مَنْ كَانَ يُؤمِنُ بِاللَّهِ والْيَوْمِ الآخِرِ…

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir…”

Ini bukan berarti rukun-rukun iman yang lain ditinggalkan, akan tetapi ini merupakan salah satu rukun yang sangat penting.

Semua rukun iman tentunya penting, akan tetapi keimanan kepada hari akhir inilah yang menggerakkan untuk beramal dan beribadah kepada Allah, serta menghalangi dan mencegah untuk berbuat maksiat. Karena kita ketahui di sana ada hari akhir, hari pembalasan, hari perhitungan, dan hari ditimbangnya amalan. Maka, ini harus selalu kita letakkan di hadapan mata, bahwa kita harus yakin dan beriman terhadap hari akhir. Bukti kita beriman adalah bersiap-siap, beramal, dan bersungguh-sungguh untuk kehidupan berikutnya.

Ketahuilah, bahwasanya iman kepada hari akhir, menurut para ulama, yaitu mengimani semua kejadian-kejadian yang terjadi setelah seseorang meninggal.

Allah Subhanahu wa Ta’ala menjadikan tempat kehidupan ada dua, yaitu kehidupan dunia dan kehidupan akhirat. Adapun pemisah antara dua kehidupan ini adalah kematian, juga ditiupnya sangkakala, yang apabila sangkakala tersebut ditiup, maka semua yang hidup akan mati. Ketahuilah, bahwa ketika ajal seseorang dicabut, maka berarti telah tegak kiamatnya. Jadi kiamat setiap orang itu adalah hari kematiannya.

Maka kiamat itu ada dua, yaitu kiamat sugra (kiamat kecil), yang artinya kematian setiap orang. Ketika seseorang meninggal dunia, berarti kiamatnya sudah tegak. Dia telah berpindah dari kehidupan dunia menuju kehidupan akhirat, dari kehidupan beramal menuju kehidupan pembalasan.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak pembahasan yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Iman kepada Hari Akhir” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.