Rodja Peduli

Adab dan Akhlak Seorang Muslim

Adab ketika Hujan Turun (Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, Lc.)

By  |  pukul 9:10 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 05 Januari 2015 pukul 9:10 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=10109

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, Lc.

Ceramah Adab dan Akhlak Seorang Muslim, yang pada kesempatan lalu telah disampaikan tentang Tidak Diperbolehkan Melamar Wanita yang Telah Dilamar oleh Orang (termasuk pembahasan tentang < ahref="https://www.radiorodja.com/tag/adab-melamar/">adab melamar), kemudian pada Sabtu malam, 14 Shafar 1436 / 6 Desember 2014 mengangkat tema tentang Adab ketika Hujan Turun. Silakan downlaod rekaman ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry yang live dari Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja ini.

[sc:status-adab-dan-akhlak-seorang-muslim-ustadz-muhammad-nuzul-dzikry-2013]

Ringkasan Ceramah Agama Adab dan Akhlak Seorang Muslim

Adab ketika Hujan Turun

Ketika kita mendengar kata hujan, kira-kira yang tebersit di benak kita (khususnya orang Jabodetabek) apa sih? (Di antaranya) banjir, becek, macet, cucian nggak kering-kering, genting bocor, dan tidak bisa ke mana-mana.

Kayaknya kasihan juga si hujan yah? Sepertinya hujan identik dengan musibah, identik dengan yang buruk-buruk.

Hal ini semakin mempertegas pentingnya kita mempelajari adab tentang hujan, karena opini yang sudah terbentuk dan sugesti yang sudah terpatri di dalam benak masyarakat kita itu berbeda 180 derajat dengan apa yang Allah firmankan tentang hujan. Karena apabila yang kita jadikan rujukan ayat-ayat Allah Subhanahu wa Ta’ala yang berbicara tentang hujan, maka kita sedang berbicara tentang rahmat. Allah berfirman:

Baca Juga:
Bab Keutamaan Dzikir Pagi dan Petang - Bagian ke-2 - dan Bab Bacaan-bacaan ketika Hendak Tidur - Bab 248-249 - Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. DR 'Abdur Razzaq bin 'Abdil Muhsin Al-Badr)

وَهُوَ الَّذِي أَرْسَلَ الرِّيَاحَ بُشْراً بَيْنَ يَدَيْ رَحْمَتِهِ … (الفرقان: ٤٨)

“Dia lah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa kabar gembira dekat sebelum kedatangan rahmat-nya (hujan); …” (QS Al-Furqan [25]: 48)

Mari simak bagaimana akhlak dan adab kita ketika hujan itu turun.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama Adab dan Akhlak Seorang Muslim: Adab ketika Hujan Turun

Share yuk adab saat hujan turun ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga semakin memperbanyak pahala kita dengan semakin banyak Muslimin yang memetik faedah dari ceramah ini.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.