Telegram Rodja Official

Al-Kabaair

Dosa Besar Kedua Puluh Tujuh hingga Ketiga Puluh: Suami Tidak Cemburu kepada Istrinya, Wanita Menyerupai Laki-Laki dan Sebaliknya, Mempermainkan Pernikahan, hingga Memakan Bangkai, Darah, dan Daging Babi – Kitab Al-Kabair (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq Al-Badr)

By  | 

Ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan kitab Al-Kabair oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Firanda Andirja, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman lanjutan kajian kitab Al-Kabair yang disampaikan oleh Syaikh ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr hafidzahumallah, yang disampaikan pada Senin sore, 7 Rabiul Awwal 1436 / 28 Desember 2014. Pada pertemuan sebelumnya, Syaikh menjelaskan tentang “Dosa Besar Kedua Puluh Enam (Hakim yang Jahat)“, dan pada kajian kali ini beliau akan menjelaskan tentang “Dosa Besar Kedua Puluh Tujuh hingga Ketiga Puluh (Suami Tidak Cemburu kepada Istrinya, Wanita Menyerupai Laki-Laki dan Sebaliknya, Mempermainkan Pernikahan, hingga Memakan Bangkai, Darah, dan Daging Babi)“. Semoga bermanfaat.

Pembahasan dalam Rekaman Kajian Kitab Al-Kabair Ini: Dosa Besar Kedua Puluh Tujuh hingga Ketiga Puluh

Dosa Besar Kedua Puluh Tujuh: Suami Tidak Cemburu kepada Istrinya

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Baca Juga:
Bernadzar dan Berlindung kepada Selain Allah adalah Syirik - Kitab Tauhid (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq Al-Badr)

الزَّانِي لَا يَنكِحُ إلَّا زَانِيَةً أَوْ مُشْرِكَةً وَالزَّانِيَةُ لَا يَنكِحُهَا إِلَّا زَانٍ أَوْ مُشْرِكٌ وَحُرِّمَ ذَلِكَ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ

“Laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina, atau perempuan yang musyrik. dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki-laki yang berzina atau laki-laki musyrik, dan yang demikian itu diharamkan atas oran-orang yang mu’min.” (QS An-Nur [24]: 3)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ثلاثة لا يدخلون الجنة: العاق لوالديه، والديّوث ورجلة النساء

“Tiga golongan manusia yang tidak akan masuk surga: Orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, dayyus (suami yang tidak memiliki kecemburuan terhadap istrinya yang melakukan perbuatan tidak senonoh), dan wanita yang menyerupai laki-laki.” (HR Al-Hakim)

Dosa Besar Kedua Puluh Delapan: Wanita Menyerupai Laki-Laki dan Sebaliknya

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَالَّذِينَ يَجْتَنِبُونَ كَبَائِرَ الْإِثْمِ وَالْفَوَاحِشَ

“Dan (bagi) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan-perbuatan keji.” (QS Asy-Syura [42]: 37)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لعن الله الرجلة من النساء

“Allah melaknat perempuan yang bertingkah seperti laki-laki.” (HR Abu Dawud)

Dosa Kedua Puluh Sembilan: Mempermainkan Pernikahan

Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan:

أن رسول الله صلى الله عليه وسلم لعن المحلِّل والمحلَّل له

“Sesungguhnya Rasulullah em>shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat Al-Muhallil dan Muhallal lahu.” (HR An-Nasai)

Al-Muhallil adalah orang yang menikahi wanita yang telah diceraikan oleh suami yang pertama dengan talak tiga dengan tujuan agar suami yang pertama halal untuk menikahinya kembali.

Baca Juga:
Hukum Dzihar (Menyerupakan Istri dengan Ibu)

Dosa Besar Kedua Tiga Puluh: Memakan Bangkai, Darah, dan Daging Babi

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

قُل لاَّ أَجِدُ فِي مَا أُوْحِيَ إِلَيَّ مُحَرَّماً عَلَى طَاعِمٍ يَطْعَمُهُ إِلاَّ أَن يَكُونَ مَيْتَةً أَوْ دَماً مَّسْفُوحاً أَوْ لَحْمَ خِنزِيرٍ فَإِنَّهُ رِجْسٌ

“Katakanlah: “Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu bangkai, atau darah yang mengalir atau daging babi karena sesungguhnya semua itu kotor.” (QS Al-Anam [6]: 145)

Dengarkan dan Download Seri Kajian Kitab Al-Kabair – Syaikh ‘Abdur Razzaq: Dosa Besar Kedua Puluh Tujuh hingga Ketiga Puluh

Mari sebarkan kebaikan dengan membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ kita. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan kita semua.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.