Rodja Peduli

Tabshiiratul Anaam bil Huquuqi fil Islaam

Hak-Hak Muslim atas Muslim yang Lainnya – Bagian ke-1 – Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam (Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.)

By  |  pukul 9:10 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 28 Juni 2016 pukul 2:13 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=13808

Kajian Islam oleh: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab “Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam” atau “Hak-Hak di Dalam Islam” karya Syaikh Shalih bin Thaha Abdul Wahid hafidzahullah, yang disampaikan oleh Ustadz Kurnaedi, Lc.. Kajian ini di sampaikan di Masjid Al-Barkah, komplek Studio Radio Rodja dan RodjaTV, pada Senin, 30 Rajab 1436 / 18 Mei 2015. Pada kajian sebelumnya beliau menyampaikan kajian dengan judul “Hak-Hak Islam atas Umatnya“, dan kali ini beliau melanjutkan kepada pembahasan “Hak-Hak Muslim atas Muslim yang Lainnya (Bagian ke-1)“. Semoga bermanfaat.

Rekaman video: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. – Hak-Hak Muslim atas Muslim yang Lainnya (Bagian ke-1) dari Kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam

Ringkasan Kajian Kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam: “Hak-Hak Muslim atas Muslim yang Lainnya (Bagian ke-1)”

Perkara seorang muslim sangatlah besar, begitu pula haknya pun sangat besar. Sebelum membahas hak-hak seorang muslim, wajib kita ketahui bahwa darah dan kehormatan seorang muslim itu haram. Artinya, setiap muslim itu memiliki kehormatan dan darah yang harus dijaga, tidak boleh dirobek atau dialirkan tanpa hak.

Baca Juga:
Keadaan Ketika Sangkakala Ditiup

Orang-orang Khawarij dan yang sejalan dengannya itu tidak mengenal kehormatan kaum muslimin dan tidak menunaikan hak-haknya. Bahkan mereka justru malah membunuh kaum muslimin dan meroberk-robek kehormatannya. Padahal Allah Ta’ala berfirman:

ذَلِكَ وَمَن يُعَظِّمْ شَعَائِرَ اللَّهِ فَإِنَّهَا مِن تَقْوَى الْقُلُوبِ

“Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan syi’ar-syi’ar Allah , maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati.” (QS Al-Hajj [22]: 32)

Allah Ta’ala juga berfirman:

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.” (QS Al-Hujurat [49]: 10)

Simak penjelasan rinci mengenai “Hak-Hak Muslim atas Muslim yang Lainnya” ini, dengan mendownload kajian ini atau mendengarkannya langsung melalui player yang sudah kami sediakan. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam: “Hak-Hak Muslim atas Muslim yang Lainnya (Bagian ke-1)”

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.