Telegram Rodja Official

Tematik

Merakit Bom Waktu, Menutup Aib Keluarga (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

By  | 

Ceramah Agama Islam oleh: Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.

Berikut ini rekaman ceramah agama dan kajian dengan tema “Merakit Bom Waktu, Menutup Aib Keluarga“, yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Syafiq Basalamah, M.A. di kota Bandung pada Ahad pagi, 6 Syaban 1436 / 24 Mei 2015 yang juga ditayangkan secara langsung oleh Radio Rodja dan Rodja TV. Ceramah kajian ini membahas tentang berbagai macam permasalahan keluarga dan juga solusi dalam mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Ringkasan Ceramah Agama: Merakit Bom Waktu, Menutup Aib Keluarga

Semua kita tanpa sadar sedang merakit bom waktu. Tatkala seorang menikah, maka harapannya adalah ia bisa meraih kebahagiaan, membangun rumah tangga yang sakinah, mawadah, dan warahmah. Namun ternyata ada sebagian orang yang perjalanan hidup rumah tangganya tidak lama. Satu-persatu mulai retak atau bahkan hilang.

Setiap orang memiliki masalah di dalam rumah tangganya, namun di sana ada yang bisa menyikapinya dengan baik dan ada pula yang tidak sabar dan tidak bisa menyikapi masalah tersebut dengan baik. Pada hakikatnya hidup ini adalah ujian dari Allah. Allah Ta’ala berfirman:

Baca Juga:
Jangan Engkau Hadiahkan Pahalamu (Ustadz Mizan Qudsiyah, Lc.)

وَنَبْلُوكُم بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

“Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.” (QS Al-Anbiya [21]: 35)

Dan hanya ada dua golongan orang yang bisa menghadapi cobaan dan ujian dari Allah, yaitu mereka yang mau bersabar dan bersyukur.

Di dalam rumah tangga harus ada sosok yang senantiasa bersabar dan bersyukur. Baik itu dari pihak suami atau pihak istri. Dan inilah kunci terciptanya keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah. Jika masing-masing pasangan dalam rumah tangga tidak bisa bersabar dan bersyukur maka sejatinya mereka sedang merakit bom waktu.

Salah satu kategori “Merakit Bom Waktu” adalah para istri melupakan kebaikan suaminya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menjelaskan bahwa penghuni neraka paling banyak adalah dari kalangan wanita. Dan itu disebabkan karena mereka mengingkari dan melupakan kebaikan suaminya. Dan hal ini juga yang bisa menyebabkan retak dan hancurnya rumah tangga seseorang.

Di antara kategori “Merakit Bom Waktu” juga adalah menceritakan kesalahan-kesalahan pasangan kita kepada orang lain. Misalnya sang istri menceritakan kekurangan dan kesalahan suaminya kepada teman-temannya. Awalnya berniat curhat, namun akhirnya bisa menjadi bencana bagi rumah tangganya. Padahal istri yang baik seharusnya menjaga rahasia tentang suami dan keluarganya, bukan malah menceritakannya kepada orang lain.

Baca Juga:
Ibadah Haji dalam Perspektif Adab dan Akhlak (Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, Lc.)

Silakan download rekaman kajian dan ceramah agamanya dan simak penjelasan menariknya tentang “Merakit Bom Waktu, Menutup Aib Keluarga” oleh Ustadz Syafiq Basalamah.

Download Kajian Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. – Merakit Bom Waktu, Menutup Aib Keluarga

Jangan lupa pula untuk membagikan link download ceramah agama ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Ta’ala memberikan balasan kebaikan yang banya kepada Anda.

Telegram Rodja Official

3 Comments

  1. imell

    Rabu, 09 Sya'ban 1436 / 27 Mei 2015 at 12:05

    kajian yg sangat menarik Ustadz..jd bahan introspeksi namun sayang selalu pihak istri yg di bahas..pdhl malah sebaliknya, istri tdk pernah menceritakan kejelekkan suaminya kpd orang lain malah suaminya lah yg menjelekkan istrinya kpd orang lain dan wanita lain, pdhl suami pemimpin yg seharusnya melindungi istrinya..perlu di bahas pula bgmn suami seperti ini..Syukran jazaakallahu khoir

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.