Telegram Rodja Official

Shahiih Al-Bukhaari

Kitab Permulaan Wahyu, Penjelasan tentang Niat – Hadits 1, Bagian ke-3 dan Hadits 2 – Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 11:20 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 03 Juni 2016 pukul 10:26 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=15424

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Download ceramah agama dari Kitab Shahih Bukhari yang dibahas dan dikaji oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam. Ceramah agama dan kajian ini membahas hadits-hadits shahih yang terdapat di dalam Kitab Shahih Al-Bukhari. Kitab yang yang sangat populer dan merupakan salah satu kitab paling shahih setelah Al-Quran. Pada kajian kali ini Ustadz Badrusalam akan membawakan pembahasan tentang “Kitab Permulaan Wahyu, Penjelasan tentang Niat (Hadits 1, Bagian ke-3)“, yang mana sebelumnya telah dijelaskan Kitab Permulaan Wahyu, Penjelasan tentang Niat (Hadits 1, Bagian ke-2). Kajian ini beliau sampaikan pada Rabu pagi, 19 Agustus 2015 / 4 Dzulqa’dah 1436 di Radio Rodja dan RodjaTV.

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Kitab Shahih Bukhari

Kitab Permulaan Wahyu, Penjelasan tentang Niat (Hadits 1, Bagian ke-3)

Pembahasan kali ini masih seputar hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى، فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ، فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا، فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

“Sesungguhnya setiap amalan itu tergantung pada niatnya, dan sesungguhnya setiap orang akan memperoleh balasan dari apa yang diniatkannya. Barangsiapa hijrahnya menuju (keridhaan) Allah dan rasulNya, maka hijrahnya itu ke arah (keridhaan) Allah dan rasulNya. Barangsiapa hijrahnya karena (harta atau kemegahan) dunia yang dia harapkan, atau karena seorang wanita yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya itu ke arah yang ditujunya.”

Baca Juga:
Kisah Kesabaran Nabi Ayub 'alaihissalam dalam Menghadapi Sakit - Bagian ke-2 - Kitab Ahsanul Bayan (Ustadz Kurnaedi, Lc.)

Dalam sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى

“Dan sesungguhnya setiap orang akan memperoleh balasan dari apa yang diniatkannya.”

Dalam sabda tersebut terdapat perealisasian tentang pensyaratan niat dan ikhlas dalam setiap amal ibadah kita. Berarti sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ini berhubungan dengan niat idhafah. Yang mana hal ini menegaskan untuk siapa amal yang kita lakukan tersebut? Apakah karena Allah atau karena manusia? Karena niat itu merupakan syarat diterimanya ibadah.

Simak penjelasan dari hadits tentang niat ini dengan mendownload rekaman ceramah agama ini sekarang juga atau Anda bisa mendengarkannya langsung melalui player yang tersedia.

Download Ceramah Agama Islam: Kitab Shahih Bukhari

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Insya Allah bermanfaat bagi saudara Muslimin dan bagi amal ibadah kita.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

50 ÷ = 5

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.