Telegram Rodja Official

Shahiih Al-Bukhaari

Bab Termasuk Bagian dari Agama adalah Lari dari Fitnah dan Seterusnya – Hadits 19-20 – Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Download ceramah agama dari Kitab Shahih Bukhari yang dibahas dan dikaji oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam. Ceramah agama dan kajian ini membahas hadits-hadits shahih yang terdapat di dalam Kitab Shahih Al-Bukhari. Kitab yang yang sangat populer dan merupakan salah satu kitab paling shahih setelah Al-Quran. Pada kajian kali ini Ustadz Badrusalam akan membawakan pembahasan tentang “Bab Termasuk Bagian dari Agama adalah Lari dari Fitnah dan Seterusnya (Hadits 19-20)“, yang mana sebelumnya telah dijelaskan tentang Bab Tanda-Tanda Keimanan adalah Mencintai Sahabat Anshar (Hadits 17-18). Kajian ini beliau sampaikan pada Rabu pagi, 4 NOvember 2015 / 22 Al-Muharram 1437 di Radio Rodja dan RodjaTV.

Rekaman video: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. – Kitabul Iman, Bab Termasuk Bagian dari Agama adalah Lari dari Fitnah dan Seterusnya – Hadits 19-20 dari Kitab Shahih Bukhari

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Kitab Shahih Bukhari

Bab Termasuk Bagian dari Agama adalah Lari dari Fitnah dan Seterusnya – Kitabul Iman (Hadits 19-20)

Penjelasan tentang “Bab Termasuk Bagian dari Agama adalah Lari dari Fitnah” ini merujuk kepada hadits ke-19 dari kitabul iman.
Hadits ke-19 tersebut adalah:

Baca Juga:
Perpecahan Umat Islam - Hadits 1492-1493 - Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah (Ustadz Badrusalam, Lc.)

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ عَنْ مَالِكٍ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي صَعْصَعَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُوشِكُ أَنْ يَكُونَ خَيْرَ مَالِ الْمُسْلِمِ غَنَمٌ يَتْبَعُ بِهَا شَعَفَ الْجِبَالِ وَمَوَاقِعَ الْقَطْرِ يَفِرُّ بِدِينِهِ مِنْ الْفِتَنِ

“Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Maslamah dari Malik dari Abdurrahman bin Abdullah bin Abdurrahman bin Abu Sha’Sha’ah dari bapaknya dari Abu Sa’id Al Khudri bahwa dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Hampir saja terjadi (suatu zaman) harta seorang muslim yang paling baik adalah kambing yang digembalakannya di puncak gunung dan tempat-tempat terpencil, dia pergi menghindar dengan membawa agamanya disebabkan takut terkena fitnah”.”

Sedangkan penjelasan tentang “Sabda nabi shallallahu ‘alai wa sallam: “Di antara kalian akulah yang paling mengerti tentang Allah”” ini merujuk kepada hadits ke-20 dari kitabul iman.

hadits ke-20 tersebut adalah:

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَلَامٍ قَالَ أَخْبَرَنَا عَبْدَةُ عَنْ هِشَامٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَمَرَهُمْ أَمَرَهُمْ مِنْ الْأَعْمَالِ بِمَا يُطِيقُونَ قَالُوا إِنَّا لَسْنَا كَهَيْئَتِكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ قَدْ غَفَرَ لَكَ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ فَيَغْضَبُ حَتَّى يُعْرَفَ الْغَضَبُ فِي وَجْهِهِ ثُمَّ يَقُولُ إِنَّ أَتْقَاكُمْ وَأَعْلَمَكُمْ بِاللَّهِ أَنَا

Baca Juga:
Bagaimana Seharusnya Kita Membela Al-Quran - Khutbah Jumat (Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.)

“Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Salam berkata, telah mengabarkan kepada kami ‘Abdah dari Hisyam dari bapaknya dari Aisyah berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bila memerintahkan kepada para sahabat, Beliau memerintahkan untuk melakukan amalan yang mampu mereka kerjakan, kemudian para sahabat berkata:

“Kami tidaklah seperti engkau, ya Rasulullah, karena engkau sudah diampuni dosa-dosa yang lalu dan yang akan datang”. Maka Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam menjadi marah yang dapat terlihat dari wajahnya, kemudian bersabda: “Sesungguhnya yang paling taqwa dan paling mengerti tentang Allah diantara kalian adalah aku”.”

Simak penjelasan tentang “Bab Termasuk Bagian dari Agama adalah Lari dari Fitnah dan Seterusnya” ini dengan mendownload rekaman ceramah agama ini sekarang juga atau Anda bisa mendengarkannya langsung melalui player yang tersedia.

Download Ceramah Agama Islam: Kitab Shahih Bukhari

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Insya Allah bermanfaat bagi saudara Muslimin dan bagi amal ibadah kita.

1 Comment

  1. zainizam

    Rabu, 04 November 2015 at 9:26 PM

    Terbaik.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.