Telegram Rodja Official

Bab Agama adalah Nasihat dan Bab Keutamaan Ilmu – Hadits 57-58 – Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 9:29 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 27 Sya'ban 1437 / 03 Juni 2016 pukul 10:31 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=20703

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Download ceramah agama dari Kitab Shahih Bukhari yang dibahas dan dikaji oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam. Ceramah agama dan kajian ini membahas hadits-hadits shahih yang terdapat di dalam Kitab Shahih Al-Bukhari. Kitab yang yang sangat populer dan merupakan salah satu kitab paling shahih setelah Al-Quran.

Pada kajian kali ini Ustadz Badrusalam akan membawakan pembahasan tentang “Bab Agama adalah Nasihat dan Bab Keutamaan Ilmu (Hadits 57-58)“. Kajian ini beliau sampaikan pada Rabu pagi, 27 Rajab 1437 / 4 Mei 2016 di Radio Rodja dan RodjaTV.

Download juga kajian sebelumnya: “Bab Agama adalah Nasihat (Hadits 57-58)

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Kitab Shahih Bukhari

Bab Agama adalah Nasihat dan Bab Keutamaan Ilmu (Hadits 57-58)

Penjelasan tentang “Bab Agama adalah Nasihat” ini merujuk kepada hadits ke-57 hingga hadits ke-58 dari kitabul iman.
Hadits ke-57 tersebut adalah:

Baca Juga:  Memberi Upah kepada Penyair, Ziarah, hingga Mengunjungi Suatu Kaum lalu Makan di Tempatnya - Bab 157-160 - Hadits 343-347 - Kitab Al-Adab Al-Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ إِسْمَاعِيلَ قَالَ حَدَّثَنِي قَيْسُ بْنُ أَبِي حَازِمٍ عَنْ جَرِيرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ بَايَعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى إِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالنُّصْحِ لِكُلِّ مُسْلِمٍ

Telah menceritakan kepada kami Musaddad berkata, telah menceritakan kepada kami Yahya dari Isma’il berkata, telah menceritakan kepadaku Qais bin Abu Hazim dari Jarir bin Abdullah berkata: “Aku telah membai’at Rasulullah untuk menegakkan shalat, menunaikan zakat dan menasehati kepada setiap muslim”.”

Sedangkan Hadits ke-58 tersebut adalah:

حَدَّثَنَا أَبُو النُّعْمَانِ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ زِيَادِ بْنِ عِلَاقَةَ قَالَ سَمِعْتُ جَرِيرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ يَقُولُ يَوْمَ مَاتَ الْمُغِيرَةُ بْنُ شُعْبَةَ قَامَ فَحَمِدَ اللَّهَ وَأَثْنَى عَلَيْهِ وَقَالَ عَلَيْكُمْ بِاتِّقَاءِ اللَّهِ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَالْوَقَارِ وَالسَّكِينَةِ حَتَّى يَأْتِيَكُمْ أَمِيرٌ فَإِنَّمَا يَأْتِيكُمْ الْآنَ ثُمَّ قَالَ اسْتَعْفُوا لِأَمِيرِكُمْ فَإِنَّهُ كَانَ يُحِبُّ الْعَفْوَ ثُمَّ قَالَ أَمَّا بَعْدُ فَإِنِّي أَتَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قُلْتُ أُبَايِعُكَ عَلَى الْإِسْلَامِ فَشَرَطَ عَلَيَّ وَالنُّصْحِ لِكُلِّ مُسْلِمٍ فَبَايَعْتُهُ عَلَى هَذَا وَرَبِّ هَذَا الْمَسْجِدِ إِنِّي لَنَاصِحٌ لَكُمْ ثُمَّ اسْتَغْفَرَ وَنَزَلَ

Baca Juga:  Akhlak kepada Allah Ta'ala - Amanah - Bimbingan Islam (Ustadz Jazuli, Lc.)

Telah menceritakan kepada kami Abu An Nu’man berkata, telah menceritakan kepada kami Abu ‘Awanah dari Ziyad bin ‘Alaqah berkata; saya mendengar Jarir bin Abdullah berkata ketika Al Mughirah bin Syu’bah meninggal, sambil berdiri dia memuji Allah dan mensucikanNya, berkata:

“Wajib atas kalian bertakwa kepada Allah satu-satunya dan tidak menyekutukannya, dan dengan penuh ketundukan dan ketenangan sampai datang pemimpin pengganti, dan sekarang datang penggantinya,”

Kemudian dia berkata: “Mintakanlah maaf kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala buat pemimpin kalian ini (Al Mughirah), karena dia suka memberi maaf.” Lalu berkata: “Amma ba’du, sesungguhnya aku mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian aku berkata: “Aku membai’at engkau untuk Islam”.

Baca Juga:  Dalil Bahwa Al-Qur'an Kalamullah Dan Bukan Makhluk - Kitab Al-Ibanah

Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi syarat dan menasehati kepada setiap muslim, maka aku membai’at Beliau untuk perkara itu, dan demi Pemilik Masjid ini, sungguh aku akan selalu memberi nasihat kepada kalian” Kemudian dia beristighfar lalu turun dari mimbar.

Simak penjelasan tentang bab di atas dengan mendownload rekaman ceramah agama ini sekarang juga atau Anda bisa mendengarkannya langsung melalui player yang tersedia.

Download Kajian Kitab Shahih Bukhari: Bab Agama adalah Nasihat dan Bab Keutamaan Ilmu (Hadits 57-58)

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Insya Allah bermanfaat bagi saudara Muslimin dan bagi amal ibadah kita.

Telegram Rodja Official

5 Comments

  1. Hastyan

    Rabu, 18 Sya'ban 1437 / 25 Mei 2016 at 20:03

    Allhamdulillah …
    Berkat Radio Rodja dan aplikasi Download yang dimudahkan membuat kami lebih mudah untuk ana ,mengkaji sebagai ringkasan juga tambahan belajar ilmu syarii ..sungguh sangat bermanfaat..
    Semoga Allah Limpahkan keberkahan untuk semua Tim Radio Rodja dan dimudahkan dalam Segala urusan juga dakwahnya …
    Jazakumullahu khairan wa barrakallahufikum..

    • Radio Rodja

      Kamis, 19 Sya'ban 1437 / 26 Mei 2016 at 07:53

      Aamiin, jazakallah khairan atas doanya. Barakallahufiik

  2. yusuuf

    Sabtu, 30 Rajab 1437 / 07 Mei 2016 at 21:22

    barakallahufiikum, dengan adanya rodja ini para penuntut ilmu menjadi lebih tenang ketika harus berhadapan dosen2 liberal dan sekuler dikampus2 mereka, alhamdulillah ana yang termasuk merasakan faidah manisnya,

    • Radio Rodja

      Senin, 02 Sya'ban 1437 / 09 Mei 2016 at 08:57

      Wafiikum barakallah

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.