Rodja Peduli

Tematik

Ramadhan Mubarak – Bagian ke-1 (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

By  |  pukul 11:10 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 25 Mei 2016 pukul 3:48 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=21092

Kajian Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Berikut ini adalah rekaman kajian dan ceramah agama yang disiaran live di Radio Rodja dan Rodja TV pada Rabu pagi, 18 Syaban 1437 / 25 Mei 2016. Disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin dengan pembahasan “Ramadhan Mubarak (Bagian ke-1)“.

(Downlaod juga kajian: Kisah Surga Paling Terakhir – Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Ringkasan Kajian: Ramadhan Mubarak (Bagian ke-1)

Ramadhan adalah salah satu bulan dari bulan-bulan Qamariyah. Di dalam Al-Quran Allah Subhanahu wa Ta’ala juga menyebutkan tentang bulan Ramadhan ini. Allah Ta’ala berfirman:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيَ أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَن كَانَ مَرِيضاً أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ يُرِيدُ اللّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلاَ يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُواْ الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُواْ اللّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

“Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjukNya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” (QS AL-Baqarah [2]: 185)

Baca Juga:
Perangkap-Perangkap Syiah (Ustadz Abu Qatadah)

Ramadan merupakan bulan yang dipenuhi dengan keberkahan. Maka dari itu Ramadhan disebut dengan “Ramadhan Mubarak“. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

أَتَاكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌ مُبَارَكٌ

“Telah datang kepada kalian Ramadhan bulan yang penuh berkah”

Bagaimana penjelasan tentang “Ramadhan Mubarak” ini? Silakan simak penjelasannya oleh Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. di dalam rekaman kajian berikut ini.

Download Kajian: Ramadhan Mubarak (Bagian ke-1)

Jangan lupa untuk turut membagikan link download kajian ini ke akun media sosial yang Anda miliki, baik Facebook, Twitter, Google+, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahufiikum

4 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.