Telegram Rodja Official

Tematik

Wasiat Rasulullah kepada Ibnu ‘Abbas – (Ustadz Firanda Andirja, M.A.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu ‘Abdil Muhsin Firanda Andirja, M.A.

Berikut adalah rekaman dari ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Firanda Andirja, M.A. di Masjid Nur Iman, Cimanggis, Depok pada Senin, 17 Sya’ban 1437 / 23 Mei 2016, pukul 18:00-19:05 WIB, yaitu sebuah ceramah yang mengangkat tema sekaligus hadits tentang “Wasiat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam kepada Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhuma“.

Rekaman video: Ustadz Firanda Andirja, M.A. – Wasiat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam kepada Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhuma

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Wasiat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam kepada Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhuma

Pada kesempatan ini, kita akan membahas suatu hadits tentang wasiat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Ibnu ‘Abbas radhiyallahu Ta’ala ‘anhuma dan hadits tersebut termaktub dalam Al-Arba’in An-Nawawiyyah.

Dari sahabat ‘Abdullah bin ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata:

كنت خلف النبي صلى الله عليه وسلم فقال لي : يا غلام إني أعلمك كلمات : احفظ الله يحفظك ، احفظ الله تجده تجاهك ، إذا سألت فاسأل الله ، وإذا استعنت فاستعن بالله ، واعلم أن الأمة لو اجتمعت على أن ينفعوك بشيء ، لم ينفعوك إلا بشيء قد كتبه الله لك ، وإن اجتمعوا على أن يضروك بشيء ، لم يضروك إلا بشيء قد كتبه الله عليك ، رفعت الأقلام وجفت الصحف

Baca Juga:
Syirik dalam Hal Ketaatan

“Aku berada di belakang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian Rasulullah berkata, “Wahai bocah, aku akan mengajarkan kepada engkau beberapa kalimat. Jagalah Allah, maka Allah akan menjagamu. Jagalah Allah, maka engkau akan dapati Allah berada di hadapanmu. Jika engkau meminta, maka memintalah kepada Allah. Jika engkau minta pertolongan, maka mintalah pertolongan kepada Allah. Ketahuilah bahwasanya umat ini seandainya mereka bersatu untuk memberi kemanfaatan kepadamu, maka mereka tidak akan bisa memberikan manfaat kepadamu kecuali apa yang telah ditetapkan oleh Allah untukmu. Dan seandainya mereka bersatu dalam rangka memberikan kemudharatan kepadamu, maka mereka tidak akan mampu memberi kemudharatan kepadamu kecuali apa yang telah ditetapkan oleh Allah menimpamu. Pena-pena telah diangkat dan lembaran-lembaran catatan telah kering.”

Hadits ini diriwayatkan oleh Tirmidzi dan beliau berkata hadits hasan yang shahih. Dalam riwayat yang lain, kata Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma:

احفظ الله تجده أَمامك ، تعرف إلى الله في الرخاء يعرفك فـي الشدة، واعلم أَن ما أَخطأَك لم يكن ليصيبك ، وما أَصابك لم يكن ليخطئك ، واعلم أَن النصر مع الصبر ، وأن الفرج مع الكرب ، وأن مع العسرِ يسرا

“Jagalah Allah, niscaya engkau dapati Allah di hadapanmu. Kenalilah Allah tatkala engkau dalam kondisi lapang, niscaya Allah akan mengenalmu dan mengingatmu tatkala engkau dalam kondisi sulit. Ketahuilah, apa yang terluput darimu tidak akan mungkin engkau dapati. Dan apa yang akan menimpamu tidak akan mungkin terhindar darimu. Ketahuilah bahwasanya pertolongan datang bersamaan kesabaran. Dan ketahuilah bahwasanya solusi datang bersamaan dengan kesulitan yang dihadapi. Dan bahwasanya bersama kesulitan itu ada kemudahan.”

Baca Juga:
Mengikuti Syubhat dan Syahwat Menjadi Penghalang Istiqamah - Kitab 10 Kaidah Istiqamah (Ustadz Arman Amri, Lc.)

Ini hadits yang masyhur dan dianggap sebagai hadits-hadits jawami’ul kalim, yaitu hadits-hadits yang kalimatnya singkat tetapi maknanya sangat dalam.

Berbagai faedah yang dapat diambil dari hadits ini, maka ayo kita simak dan download ceramahnya.

Download Ceramah Agama: Ustadz Firanda Andirja – Wasiat Rasulullah kepada Ibnu ‘Abbas

Share juga yuk ceramah ini ke Facebook, Twitter, dan Google+.

Telegram Rodja Official

2 Comments

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.