Masjid Al-Barkah

Aktualisasi Akhlak Muslim

Qanaah, Kekayaan yang Tak Akan Sirna – Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

By  |  pukul 4:54 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 05 Januari 2017 pukul 6:15 pm

Tautan: http://rodja.id/1o

Kajian oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Kajian yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary ini merupakan hasil rekaman pada Senin, 20 Syawal 1437 / 25 Juli 2016. Ceramah agama ini berkaitan dengan seri pembahasan Aktualisasi Akhlak Muslim, yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap muslim.

Pada kajian kali ini Ustadz Abu Ihsan akan membawakan kajian dengan tema “Qanaah, Kekayaan yang Tak Akan Sirna“.

Download kajian sebelumnya: “Keutamaan Sifat Qanaah“,

Ringkasan Kajian: Qanaah, Kekayaan yang Tak Akan Sirna

Sungguh beruntung hamba yang mempercantik budi pekertinya dengan sifat qanaah. Ia akan berkecukupam karena qanaah ibarat perbendaharaan (kekayaan) yang tidak berhingga nilainya dan tidak akan habis selama-lamanya.

Dengan sifat ini seseorang tidak akan pernah merasa kekurangan, bagaimana pun kondisi yang sedang dihadapinya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

قَدْ أَفْلَحَ مَنْ أَسْلَمَ وَرُزِقَ كَفَافًا وَقَنَّعَهُ اللَّهُ بِمَا آتَاهُ

“Beruntunglah orang yang tunduk kepada Rabbnya dan dikaruniai rezeki yang cukup, lalu Allah membuatnya qanaah dengan apa yang dikaruniakanNya kepadanya.” (HR Muslim no. 2473)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

مَنْ أَصْبَحَ مِنْكُمْ آمِنًا فِي سِرْبِهِ، مُعَافًى فِي بَدَنِهِ، عِنْدَهُ طَعَامُ يَوْمِهِ، فَكَأَنَّمَا حِيزَتْ لَهُ الدُّنْيَا بِحَذَافِيْرِهَا

Baca Juga:
Bab Doa Masuk WC hingga Larangan Menghadap Kiblat saat Buang Hajat - Hadits 142-145 - Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Badrusalam, Lc.)

“Barangsiapa di antara kalian dianugerahi rasa aman pada hatinya, kesehatan pada tubuhnya, dan kecukupan pada makanan pokoknya untuk hari itu, seakan-akan ia telah diberi semua kenikmatan dunia.” (HR Timidzi, dihasankan oleh Al-Albani dalam silsilah ahadits shahihah no. 2318)

Simak selanjutnya pembahasan mengenai “Qanaah, Kekayaan yang Tak Akan Sirna” di dalam rekaman kajian berikut ini. Semoga bermanfaat.

Download Kajian: Qanaah, Kekayaan yang Tak Akan Sirna


Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link kajian yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.