Telegram Rodja Official

Bab Membasuh Muka dan Membaca Basmalah – Hadits 140-141 – Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 8:10 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 29 Rajab 1438 / 26 April 2017 pukul 8:40 am

Tautan: http://rodja.id/17c

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Download ceramah agama dari Kitab Shahih Bukhari yang dibahas dan dikaji oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam. Ceramah agama dan kajian ini membahas hadits-hadits shahih yang terdapat di dalam Kitab Shahih Al-Bukhari. Kitab yang yang sangat populer dan merupakan salah satu kitab paling shahih setelah Al-Quran.

Pada kajian kali ini Ustadz Badrusalam akan membawakan pembahasan tentang “ Bab Membasuh Muka dan Membaca Basmalah dalam Setiap Keadaan (140-141)“. Kajian ini beliau sampaikan pada Rabu pagi, 29 Rajab 1438 / 26 April 2017 di Radio Rodja dan RodjaTV.

Download juga kajian sebelumnya: “Bab Meringankan dan Menyempurnakan Wudhu (138-139)

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Kitab Shahih Bukhari: Bab Membasuh Muka dan Membaca Basmalah dalam Setiap Keadaan (140-141)

Dalam hadits yang ke 140, dikatakan bahwa:

Baca Juga:  Sikap Al-Wala’ Wal Bara’ Bagian 3 - Kitab Ahsanul Bayan (Ustadz Kurnaedi, Lc.)

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحِيمِ قَالَ أَخْبَرَنَا أَبُو سَلَمَةَ الْخُزَاعِيُّ مَنْصُورُ بْنُ سَلَمَةَ قَالَ أَخْبَرَنَا ابْنُ بِلَالٍ يَعْنِي سُلَيْمَانَ عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّهُ تَوَضَّأَ فَغَسَلَ وَجْهَهُ أَخَذَ غَرْفَةً مِنْ مَاءٍ فَمَضْمَضَ بِهَا وَاسْتَنْشَقَ ثُمَّ أَخَذَ غَرْفَةً مِنْ مَاءٍ فَجَعَلَ بِهَا هَكَذَا أَضَافَهَا إِلَى يَدِهِ الْأُخْرَى فَغَسَلَ بِهِمَا وَجْهَهُ ثُمَّ أَخَذَ غَرْفَةً مِنْ مَاءٍ فَغَسَلَ بِهَا يَدَهُ الْيُمْنَى ثُمَّ أَخَذَ غَرْفَةً مِنْ مَاءٍ فَغَسَلَ بِهَا يَدَهُ الْيُسْرَى ثُمَّ مَسَحَ بِرَأْسِهِ ثُمَّ أَخَذَ غَرْفَةً مِنْ مَاءٍ فَرَشَّ عَلَى رِجْلِهِ الْيُمْنَى حَتَّى غَسَلَهَا ثُمَّ أَخَذَ غَرْفَةً أُخْرَى فَغَسَلَ بِهَا رِجْلَهُ يَعْنِي الْيُسْرَى ثُمَّ قَالَ هَكَذَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَوَضَّأُ

Baca Juga:  Keimanan yang Benar - Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

“Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Abdurrahman berkata, telah mengabarkan kepada kami Abu Salamah Al Khaza’i Manshur bin Salamah berkata, telah mengabarkan kepada kami Ibnu Bilal -yaitu Sulaiman- dari Zaid bin Aslam dari Atha bin Yasar dari Ibnu ‘Abbas, bahwa dia berwudlu’, ia mencuci wajahnya, lalu mengambil air satu cidukan tangan dan menggunakannya untuk berkumur dan istintsaq, lalu ia kembali mengambil satu cidukan tangannya dan menjadikannya begini -menuangkan pada tangannya yang lain-, lalu dengan kedua tangannya ia membasuh wajahnya, lalu mengambil air satu cidukan dan membasuh tangan kanannya, lalu kembali mengambil air satu cidukan dan membasuh tangannya yang sebelah kiri. Kemudian mengusap kepala, lalu mengambil air satu cidukan dan menyela-nyela kaki kanannya hingga membasuhnya, lalu mengambil air satu cidukan lagi dan membasuh kaki kirinya. Setelah itu ia berkata, “Seperti inilah aku lihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berwudlu.”

Baca Juga:  Beriman Kepada Peristiwa Isra' Mi'raj

Simak penjelasan dari hadits tersebut di dalam rekaman kajian Kitab Shahih Bukhari dengan pembahasan tentang “Bab Meringankan dan Menyempurnakan Wudhu” berikut ini. Semoga bermanfaat

Download Kajian Kitab Shahih Bukhari: Bab Membasuh Muka dan Membaca Basmalah dalam Setiap Keadaan (140-141)


Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Insya Allah bermanfaat bagi saudara Muslimin dan bagi amal ibadah kita.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.