Telegram Rodja Official

Tematik

Kenapa Harus Tauhid Dahulu? (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Download ceramah agama oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. yang disampaikan di Masjid Raudhatul Jannah, Perumahan Taman Cipulir Estate, Cipadu Jaya, Tangerang pada Sabtu, 26 Jumadal Akhirah 1438 / 25 Maret 2017, pukul 09.00-11:30 WIB dengan tema “Kenapa Harus Tauhid Dahulu?

Rekaman video: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. – Kenapa Harus Tauhid Dahulu?

Ringkasan Ceramah: Kenapa Harus Tauhid Dahulu?

Tauhid (التوحيد) artinya “جعل واحداً“, artinya menjadikannya satu dan esa, maksudnya menjadikan Allah satu-satunya Dzat yang berhak disembah. Dan ini masalah yang sangat penting sekali, yang dengan tauhidlah, Allah menciptakan langit dan bumi. Untuk tauhid, Allah menciptakan jin dan manusia. Dan untuk tauhid, Allah mengutus para nabi dan rasul. Allah mengatakan:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ ﴿الذاريات : ٥٦﴾

“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepadaKu.” (QS Adz-Dzariyat [51]: 56)

Tauhidullah Jalla wa ‘Ala adalah merupakan pondasi segala macam amal. Maka dari itu, kewajiban kita adalah untuk betul-betul memperhatikan tauhid dibandingkan seluruh permasalahan-permasalahan agama yang lain. Mempelajari tauhid bukan hanya sebatas teori, tapi harus praktik. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para seluruh nabi dan rasul berdakwah kepada tauhid dan tak pernah berhenti untuk menjelaskan tauhid dari awal dakwah sampai akhir dakwah. Karena kalau kita berbicara tentang masalah tauhid, (maka) kita ini berbicara tentang agama secara keseluruhan. Maka dari itu, kata Ibnul Qayyim, bahwa secara keseluruhan Al-Qur’an adalah tauhid. Allah menceritakan dalam Al-Qur’an tentang surga dan neraka, itu adalah balasan (untu orang yang mentauhidkan Allah dan balasan bagi mereka yang tidak mentauhidkan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Allah berbicara tentang hukum syariat (shalat, zakat, puasa, dan haji), (maka) itu berbicara tentang konsekuensi tauhid. Allah berbicara tentang kisah para nabi terdahulu, (maka) itu berbicara tentang kisah bagaimana dakwah para nabi terhadap tauhid. Jadi, Al-Qur’an dari awal sampai akhir tentang tauhid. Tauhid jangan kita anggap permasalahan yang sempit, tapi ia sangat luas sekali.

Baca Juga:
Arti Syirik dan Sarana-Sarana Yang Menghantarkan Kepada Kesyirikan

Download Ceramah Agama: Ustadz Abu Yahya Badrusalam – Kenapa Harus Tauhid Dahulu?


Telegram Rodja Official

3 Comments

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.