Tanda Hati yang Bersih (Ustadz Zainal Abidin Syamsudin, Lc.)

By  |  pukul 6:43 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 11 Ramadhan 1438 / 06 Juni 2017 pukul 9:41 am

Tautan: http://rodja.id/1cw

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Zainal Abidin Syamsudin

Berikut ini merupakan rekaman ceramah agama tentang Tazkiyatun Nufus yang disampaikan secara live di Radio Rodja dan TV Rodja pada Rabu sore, 5 Ramadhan 1438 / 31 Mei 2017, pukul 20:00-21:30 WIB oleh Ustadz Zainal Abidin. Jangan lupa juga untuk menyimak sesi tanya jawab yang banyak mengupas permasalahan Tanda Hati yang Bersih ini. Semoga bermanfaat.

Download juga: Evaluasi Ritual Bulan Syaban

Ringkasan Ceramah – Kajian Tematik: Tanda Hati yang Bersih

Imam Ibnu Qayyim rahimahullah pernah mengirim surat kepada salah seorang temannya. Di antara isi surat tersebut adalah beliau menasihati temennya dengan mengatakan bahwa asas seluruh penyakit rohani adalah menyia-nyiakan waktu dan menyia-nyiakan hati.

Baca Juga:  Cara Mengusahakan Sebab-Sebab Terbukanya Pintu Kebaikan (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

Menyia-nyiakan waktu akan menyebabkan seseorang mengikuti hawa nafsu. Dan menyia-nyiakan hati akan membuahkan sifat lalai. Dan keduanya ini merupakan penghancur dahsyat kehidupan manusia.

Oleh karena itu Allah Ta’ala menegaskan:

وَلَا تُطِعْ مَنْ أَغْفَلْنَا قَلْبَهُ عَن ذِكْرِنَا وَاتَّبَعَ هَوَاهُ وَكَانَ أَمْرُهُ فُرُطاً

“Dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.” (QS AL-Kahfi [18]: 28)

Hal ini merupakan fakta, kita lihat betapa banyak orang yang menyia-nyiakan hati dan akhirnya urusan hidupnya berantakan serta tidak terarah. Maka menjaga hati agar senantiasa bersih dan berfungsi dengan baik adalah perkara penting.

Baca Juga:  Definisi dan Penjabaran Makna Iman - Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

Bagaimana kita-kita agar hati senantiasa bersih? Simak selengkapnya di dalam rekaman kajian dan ceramah agama berikut ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah: Ustadz Zainal Abidin Syamsudin – Tanda Hati yang Bersih


Mari download ceramah agama ini, dan mari share tautan ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ yang kita miliki. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan kita semua. Aamiin.

Telegram Rodja Official

3 Comments

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.