Ad-Daa Wa Ad-Dawaa

Berdo’a Dengan Nama-Nama Allah yang Paling Agung – Kajian Kitab Ad-Daa’ Wa Ad-Dawaa’ (Ustadz Mahfudz Umri, Lc.)

By  | 

Berdo’a Dengan Nama-Nama Allah yang Paling Agung – Kajian Kitab Ad-Daa’ Wa Ad-Dawaa’ adalah ceramah agama Islam oleh: Ustadz Mahfudz Umri, Lc yang merupakan bagian dari pembahasan Kitab Ad-Daa’ Wa Ad-Dawaa’ karya Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyah.

Pada kajian sebelumnya telah dijelaskan tentang Do’a-Do’a Yang Diajarkan Oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam – Kajian Kitab Ad-Daa’ Wa Ad-Dawaa’

Status program kajian kitab Ad-Daa' wa Ad-Dawaa': Aktif إن شاء الله live setiap ahad sore Pukul 06:18 - 07:00 WIB dari Masjid Riyadhush Shalihin, Perumahan Mutiara Insani, Kelurahan Pedurenan, Mustika Jaya, Kota Bekasi.

Ringkasan Kajian Kitab Ad-Daa’ Wa Ad-Dawaa’: Berdo’a Dengan Nama-Nama Allah yang Paling Agung

Salah satu nikmat yang besar adalah Allah subhanahu wa ta’ala memberikan kepada kita sarana, fasilitas, wasilah untuk berhubungan denganNya. Yakni dengan wasilah do’ah. Dimana do’a ini juga merupakan obat yang sangat kuat bagi orang yang beriman. Dan Nabi kita yang mulia shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kepada kita do’a-do’a yang ma’tsur dari beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Yakni diantaranya adalah do’a yang ada pada dzikir pagi petang:

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda pada Fatimah (puterinya), “Apa yang menghalangimu untuk mendengar wasiatku atau yang kuingatkan padamu setiap pagi dan petang yaitu ucapkanlah:

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ أَبَدًا

Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata tanpa mendapat pertolongan dari-Mu selamanya.” (HR. An-Nasa’i).

Do’a di atas menunjukkan betapa besar pengajaran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada kita tentang pentingnya tawakal. Menyerahkan diri kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Karena kita tidak memiliki kemampuan sedikitpun sampai urusan yang sekejap mata pun kita serahkan kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya nama Allah yang paling agung (terdapat) dalam tiga surat dari al-Qur-an: surah al-Baqarah, Ali ‘Imran dan Thaahaa” (HR. Ibnu Majah dan Al-Hakim)

Al-Qasim mengatakan, “ketika aku mencari, itu adalah ayat Al-Hayyu Al-Qayyum“. Hal ini menunjukkan bahwa nama Allah Al-Hayyu Al-Qayyum harus menjadi pegangan kita dalam kita berdo’a dengan menyebut Al-Hayyu Al-Qayyum. 

Download MP3 Kajian Kitab Ad-Daa’ Wa Ad-Dawaa’: Berdo’a Dengan Nama-Nama Allah yang Paling Agung

Jangan lupa untuk turut menyebarkan link download kajian ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, google+, atau yang lainnya. Semoga Allah mencatatnya sebagai amal kebaikan.

Tinggalkan Balasan

0:00
0:00