Telegram Rodja Official

Al-Adabul Mufrad

Permohonan Rizki Seorang Hamba Kepada Allah – Bab 224 – Kitab Al-Adab Al-Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

By  |  pukul 9:29 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 26 April 2018 pukul 2:28 pm

Tautan: http://rodja.id/1t6

Permohonan Rizki Seorang Hamba Kepada Allah – Bab 224 merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. dalam pembahasan Kajian kitab Adabul Mufrad karya Imam Bukhari rahimahullah. Kajian ini disampaikan pada 16 Rajab 1439 H / 02 April 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Mengembangkan Kekayaan – Bab 222 – Hadits 478-480 – Kitab Al-Adab Al-Mufrad

[sc:status-adabul-mufrad-ustadz-syafiq-riza-basalamah-2014]

Kajian Tentang Permohonan Rizki Seorang Hamba Kepada Allah – Bab 224 – Kitab Al-Adab Al-Mufrad

Satu bab sebelumnya, Imam Bukhari berbincang tentang bab mengembangkan harta. Setelah bab itu adalah bab tentang do’a orang yang didzolimi. Dikarenakan banyak orang-orang yang mencari Rizki dan mengembangkan hartanya tapi lupa bahwa dia tidak mengikuti jalan yang telah ditentukan oleh syariat. Sehingga muncul penipuan, manipulasi, monopoli dan muncul berbagai macam harta yang itu tidak sesuai dengan syariat. Maka dari itu Imam Bukhari mendatangkan bab orang yang terdzalimi agar kita berhati-hati dari do’a orang yang terdzalimi.

Pada kajian ini, bab 224 Imam Bukhari berbincang tentang do’a. Artinya selain seorang hamba dituntut untuk berusaha, melakukan segala tindakan yang sesuai dengan syariat dalam rangka mengembangkan harta dan memanfaatkannya. Jangan lupa berdo’a. Nabi Isa berdo’a:

Baca Juga:
Akhlak kepada Allah Ta'ala - Bagian ke-4 - Bimbingan Islam (Ustadz Jazuli, Lc.)

…وَارْزُقْنَا وَأَنتَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ ﴿١١٤﴾

…beri rzekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki Yang Paling Utama“(QS. Al-Maidah[5]: 114)

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

إِنَّ اللَّـهَ هُوَ الرَّزَّاقُ ذُو الْقُوَّةِ الْمَتِينُ ﴿٥٨﴾

Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi rezeki Yang mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh.“(QS. Adh-Dhariyat[51]: 58)

Hamba yang tahu bahwa Allah Maha Pemberi Rizki, maka hal ini akan mendorong dia untuk berdo’a kepada Allah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setiap pagi berdo’a:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amal yang diterima“. (HR. Ahmad)

Dari sini kita mengetahui bahwa jangan sampai seorang hamba hanya mengandalkan akal, kecerdasan, kerabat atau partner. Karena semua itu tidak dapat memberikan rizki kepada kita.

Dengarkan penjelasan lengkapnya dan download MP3 kajian tentang Permohonan Rizki Seorang Hamba Kepada Allah – Bab 224 – Kitab Al-Adab Al-Mufrad


Jangan lupa untuk membagikan rekaman kajian ini ke saudara-saudara kita atau teman-teman kita baik itu melalui Facebook, Twitter, Google+, atau media yang lainnya agar kebaikan ini tidak berhenti begitu saja. Jazakumullahu khairan
[stumble]

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

93 − 84 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.