Telegram Rodja Official

Mutiara Sahur

Faedah, Manfaat dan Hikmah Puasa

By  | 

Faedah, Manfaat dan Hikmah Puasa merupakan untaian mutiara sahur dan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. Kajian ini disampaikan pada 5 Ramadhan 1439 H / 21 Mei 2018 M.

Download kajian sebelumnya: Keistimewaan dan Keutamaan Puasa Bagian 2

Ceramah Agama Islam Tentang Faedah, Manfaat dan Hikmah Puasa

Puasa memiliki faedah, manfaat dan hikmah yang sangat besar. Diantaranya adalah faedah berikut ini:

 1. Puasa wasilah menuju kepada ketakwaan

Hal ini disebabkan ketika kita tunduk kepada Allah untuk meninggalkan yang halal karena mengharapkan ridho Allah dan karena takut kepada adzab Allah subhanahu wa ta’ala, maka apalagi untuk meninggalkan yang jelas-jelas haram. Tentu ini menjadi sebab yang sangat besar yang bisa menimbulkan ketakwaan.

Makna takwa sendiri adalah melindungi. Yaitu melindungi diri kita dari api neraka dengan cara menjalankan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-larangan Allah subhanahu wa ta’ala. Dan untuk menjalankan perintah Allah bukanlah sesuatu yang mudah. Banyak diantara perintah Allah itu tidak disukai dengan hawa nafsu.

2. Puasa wasilah untuk mensyukuri nikmat Allah

Ketika kita tidak makan dan tidak minum, kita meninggalkan semua yang membatalkan puasa, maka disitulah kita akan merasakan bagaimana berharganya nikmat itu. Sehingga pada waktu itu kita berfikir bahwa kita adalah hamba Allah yang lemah. Kita butuh makanan dan minuman. Bagaimana jika makanan dan minuman itu ditiadakan di muka bumi ini?

Baca Juga:
Program Dapur Ramadhan untuk Muslimin Gaza - Ramadhan 1437 / 2016

Kita seringkali lupa dengan nikmat-nikmat tersebut. Akhirnya ketika kita lupa kepada nikmat tersebut, kita menjadi kufur nikmat.

3. Puasa meluruskan tabiat dan mematahkan hawa nafsu serta membatasi syahwat

Kalau kita kenyang terus, ini akan membuat syahwat kita kuat dan akan banyak sekali penyakit hati seperti kesombongan, keserakahan dan lain sebagainya. Apabila kita terbiasa dengan perut yang lapar, maka kita akan dapat menguasai hawa nafsu kita. Dan disini letak kebahagiaan seorang muslim. Manusia akan bahagia di dunia jika ia betul-betul menguasai dirinya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ما ملأ آدميٌّ وعاءً شرًّا من بطن

Tidaklah anak Adam memenuhi wadah yang lebih buruk yaitu perut” (HR. At-Tirmidzi)

4. Puasa menjadikan hati kita betul-betul berdzikir dan berfikir secara jernih

Syahwat merupakan penyebab munculnya kelalaian. Bahkan terkadang mengeraskan hati dan menjadikan kita buta dari melihat kebenaran serta mencegah seorang hamba dari berdzikir dan berfikir dengan jernih. Sedangkan kosongnya perut bisa memberikan cahaya bagi hati dan menyebabkan hati itu lembut.

5. Puasa menjadikan orang-orang kaya semakin tahu nikmat Allah 

Banyak orang-orang kaya yang tidak sadar nikmat tersebut. Banyak orang-orang yang diberikan oleh Allah kekayaan, tapi justru menjadikan ia jauh dari Allah subhanahu wa ta’ala. Banyaknya harta menjadikan ia sombong, serakah dan menolak kebenaran.

Baca Juga:
Murah Hati dan Semangat Berbagi

Dengan adanya puasa, orang kaya yang berpuasa akan sadar dengan nikmat-nikmat Allah subhanahu wa ta’ala dan itu yang akan menjadikan mereka menjadi dermawan.

6. Puasa mencegah kesombongan

Orang-orang yang sombong itu karena dia merasa bangga dengan kekayaannya atau yang lainnya. Dengan puasa, insyaAllah seseorang akan menjadi tawadhu. Ketika seseorang berpuasa, dia akan sadar bahwa dirinya adalah makhluk yang lemah.

Lalu apa lagi faedah, manfaat dan hikmah puasa?

Simak Penjelasan Lengkapnya dan Download mp3 Ceramah Agama Islam Tentang Faedah, Manfaat dan Hikmah Puasa

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama Keistimewaan dan Keutamaan Puasa ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Download: Khutbah Jumat, Ceramah Agama, Khutbah Idul Adha, kultum, ceramah singkat, shalawat, shalat jenazahrukun Islamrukun Iman, ziarah kubur, shalat berjamaah, Amar Ma’ruf Nahi Munkar,

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.