Telegram Rodja Official

Al-Ibanah

Aqidah Ahlussunnah Terhadap Adzab Kubur

By  | 

Aqidah Ahlussunnah Terhadap Adzab Kubur merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A. dalam pembahasan Kitab Al-Ibanah ‘an Ushul ad-Diyanah karya Syaikh Imam Abul Hasan Ali bin Ismail al-Asy’ari rahimahullah atau terkenal dengan sebutan Imam Abul Hasan al-Asy’ari rahimahullah. Kajian ini disampaikan pada 24 Sya’ban 1439 H/ 11 Mei 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Aqidah Ahlussunnah Dalam Meyakini Syafaat – Kitab Al-Ibanah

Kajian Tentang Aqidah Ahlussunnah Terhadap Adzab Kubur – Kitab Al-Ibanah

Berkaitan dengan adzab kubur ini, ahlussunnah meyakini dan mengimani bahwa di alam barzah, ada yang kita kenal dengan adzab kubur dan kenikmatannya. Semua itu diawali dengan pertanyaan Mungkar dan Nakir tentang tiga perkara. Adzab atau nikmat kubur tergantung kepada jawaban dari tiga pertanyaan tersebut. Jika seseorang bisa menjawab, maka akan dilapangkan kuburnya, akan dibuka pintu menuju surga sehingga mereka merasakan kesejukan dan merasakan aroma dari aroma surga. Bila sebaliknya dia tidak bisa menjawab, maka akan disempitkan kuburnya. Dia akan dipukul malaikat Mungkar dan Nakir. Dia akan teriak dengan teriakan yang didengar oleh seluruh makhluk kecuali oleh manusia dan jin. Kemudian dia akan dibukakan pintu menuju neraka.

Baca Juga:
Bolehkah Menanyakan Dimanan Allah? - Kitab Al-Ibanah (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)

Adzab kubur ini merupakan perkara yang ghaib. Dan orang-orang yang beriman, mereka mengimani perkara-perkara yang ghaib yang tidak bisa dimasuki oleh akal. Dalam hal ini, kaum Mu’tazilah mengingkari adzab kubur. Mereka adalah orang-orang yang mengkultuskan akal. Bila sesuatu tidak dipahami dengan akal mereka, maka akan mereka tinggalkan. Termasuk dalam hal ini adalah perkara adzab kubur yang berkaitan dengan alam barzah.

Adapun ahlussunnah wal jama’ah, mereka mengimani adzab kubur. Karena yang demikian itu telah dijelaskan didalam Al-Qur’an, didalam hadits, dan juga telah menjadi ijma’ kaum muslimin serta tidak seorangpun dari para sahabat yang mengingkari hal yang demikian itu.

Simak Penjelasan Lengkapnya dan Download MP3 Kajian Tentang Aqidah Ahlussunnah Terhadap Adzab Kubur – Kitab Al-Ibanah

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link kajian yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Lihat Juga: Radio Streaming, Khutbah Jumat, Ceramah Agama, Ceramah Lucu, Khutbah Idul Adha, Kultum, Ceramah Singkat, Shalawat, Shalat JenazahRukun IslamRukun Iman, Ziarah Kubur, Shalat Berjamaah, Amar Ma’ruf Nahi Munkar, Belajar Bahasa Arab,

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.