Tidaklah Allah Menurunkan Penyakit Kecuali Dia Juga Menurunkan Penawarnya

By  |  pukul 7:57 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 04 Dzulqa'dah 1439 / 17 Juli 2018 pukul 7:57 pm

Tautan: https://rodja.id/1xu

Tidaklah Allah Menurunkan Penyakit Kecuali Dia Juga Menurunkan Penawarnya merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abdullah TaslimM.A. dalam pembahasan Kitab Ad Daa’ Wa Ad Dawaa’ karya Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyah rahimahullah. Kajian ini disampaikan pada 13 Syawwal 1439 H / 28 Juni 2018 M.

Download mp3 kajian sebelumnya: Mukaddimah Kitab Ad Daa’ Wad Dawaa’

Kajian Islam Ilmiah Tentang Tidaklah Allah Menurunkan Penyakit Kecuali Dia Juga Menurunkan Penawarnya – Kitab Ad Daa’ Wad Dawaa’

Imam Ibnu Qayyim menjawab pertanyaan seseorang yang bertanya tentang bagaimana penjelasan para ulama dan para imam, tentang cobaan atau musibah dalam urusan agamanya yang kalau musibah ini terus menerus ada pada dirinya maka akan menghancurkan dunia dan akhiratnya. Dia sudah berusaha untuk menolak dan menepisnya dengan semua cara yang mampu dia lakukan. Tapi ternyata penyakit itu semakin bertambah parah. Kobaran apinya semakin kuat, maka bagaimana cara menghilangkannya berdasarkan penjelasan dan bimbingan orang-orang yang berilmu.

Baca Juga:  Sifat-Sifat yang Menunjukan Kesempurnaan Iman - Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

Pertanyaan di atas merupakan pertanyaan tertulis yang kemudian dijawab oleh Imam Ibnu Qayyim yang kemudian menjadi obat bagi penyakit hati dan menjadi kitab yang tersebar dan kita ambil manfaatnya ini. Imam Ibnu Qayyim rahimahullahu ta’ala menjawab:

Alhamdulillah, Amma Ba’du.. 

Disebutkan dalam hadits shahih riwayat Imam Bukhari, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا أَنْزَلَ اللهُ دَاءً إِلَّا أَنْزَلَ لَهُ شِفَاءً

Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia juga menurunkan penawarnya.” (HR Bukhari).

Ini merupakan metode para ulama ahlussunnah wal jama’ah dalam menjawab pertanyaan. Sebelum dirinci, disebutkan terlebih dahulu dalil secara umum. Bahwa setiap penyakit ada obatnya dari sisi Allah subhanahu wa ta’ala. Jadi kita tidak perlu khawatir. Penyakit dalam urusan-urusan badan manusia saja Allah turunkan obatnya, apalagi penyakit hati yang berhubungan dengan benarnya keimanan seseorang yang mempengaruhi cinta, takut dan berharapnya kepada Allah. Tidak mungkin Allah meluputkan bagi manusia.

Baca Juga:  Malu kepada Malaikat - Bimbingan Islam (Ustadz Jazuli, Lc.)

Ini merupakan wujud dari sempurnanya rahmat Allah subhanahu wa ta’ala kepada hamba-hambaNya. Maka dari itu orang-orang yang beriman sangat beruntung karena mereka dekat dengan sumber rahmat Allah yang sempurna didalam wahyu Allah yang diturunkan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits-hadits yang shahih dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Penjelasan dalam hadits-hadits ini mencakup semua penyakit hati, juga penyakit jiwa dan penyakit anggota badan. Sebagaimana juga mencakup pengobatan atau penyembuhannya. Bahkan dalam hadits yang lainnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan bahwa kejahilan adalah penyakit dan beliau menjadikan penyembuhnya adalah bertanya kepada orang yang berilmu.

Tidak semua orang tepat dalam proses penyembuhannya, sehingga tidak sembuh. Ada obatnya namun tidak semua orang tahu. Kemudian orang yang mungkin memahami namun tidak semua orang mempraktekkan dengan benar. Disinilah kenapa kita harus kembali kepada ahli.

Maka dari itu kita harus memperhatikan, orang yang ingin sembuh dari penyakitnya apalagi yang berhubungan dengan penyakit hati atau penyakit rusaknya iman, penting sekali untuk belajar dari orang yang sumbernya terpercaya. Bukan hanya sekedar melihat kata-kata indah yang disampaikannya. Sebab untuk kesembuhan itu kalau kita menempuh jalan kesembuhan itu dengan benar.

Baca Juga:  Penjelasan tentang Biografi dan Kata Pengantar Penulis - Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

Simak Kajian Lengkapnya, Download dan Sebarkan mp3 Ceramah Agama Islam Tentang Tidaklah Allah Menurunkan Penyakit Kecuali Dia Juga Menurunkan Penawarnya – Kitab Ad Daa’ Wad Dawaa’

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.