Telegram Rodja Official

Tematik

Pembersih-Pembersih Hati

By  | 

Pembersih-Pembersih Hati merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz DR. Musyaffa Ad-Dariny, M.A. Kajian ini disampaikan pada 28 Ramadhan 1439 H / 13 Juni 2018 M.

Kajian Islam Ilmiah Tentang Pembersih-Pembersih Hati

Dengan hati yang bersih kita bisa merasakan manisnya iman. Iman harus selalu menyertai kita. Kalau iman ini tidak ada, maka kita menjadi orang yang tidak beriman. Sehingga orang yang bisa merasakan manisnya iman, dia akan menjadi orang yang bahagia selalu. Orang yang bisa merasakan manisnya iman adalah orang yang hatinya bersih. Hati bisa menjadi kotor karena dua sebab. Sebab yang pertama adalah kotoran dosa dan sebab yang kedua adalah kotoran penyakit hati. Kotoran hati ini bisa menjadikan hati kita tertutup. Sehingga hati tersebut tidak bisa merasakan manisnya iman. Tidak bisa merasakan kebahagiaan dalam menjalani agama Allah subhanahu wa ta’ala. Padahal hati yang bersih adalah penentu baiknya seseorang.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda:

أَلاَ وَإِنَّ فِى الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ . أَلاَ وَهِىَ الْقَلْبُ

Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah jantung(hati)” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga:
Khutbah Jum'at: Kata Mutiara Semangat Dalam Hidup dan Kebaikan

Ketika hati kita bersih, hati kita baik, maka seluruh jasad kita akan menjadi baik. Amal-amal kita akan menjadi baik. Kita berfikir juga dengan baik. Maka dari itu hati adalah penentu dari baiknya kepribadian seseorang. Inilah hati yang menjadi penentu baiknya seseorang. Kalau hati buruk, orangnya pun akan menjadi buruk.

Hati adalah ibarat raja. Ketika raja adalah seorang yang shalih, baik, taat, maka yang diperintahkan adalah sesuatu yang baik. Sehingga masyarakatnya akan menjadi masyarakat yang baik. Kalau ada hal-hal yang buruk, raja tersebut akan melarang dan berusaha untuk menghilangkannya. Sebaliknya jika rajanya buruk, maka yang keluar dari lisannya juga buruk. Kebijakan-kebijakannya juga akan menjadi buruk. Kalau ada kebaikan, tentu dia tidak menginginkannya. Bahkan kalau bisa, yang terjadi adalah sesuatu yang memuaskan nafsunya.

Begitupula hati, apabila hati kita baik, bersih, maka jasad kita pun akan seperti itu. Namun jika hati kita kotor, hati kita buta, maka perintah-perintahnya pun akan tidak jelas dan tidak baik. Orang yang hatinya bersih akan menjadi orang yang paling mulia. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dulu pernah ditanya, “Siapakah yang paling mulia dari manusia?” Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam menjawab:

قِيلَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ النَّاسِ أَفْضَلُ قَالَ كُلُّ مَخْمُومِ الْقَلْبِ صَدُوقِ اللِّسَانِ قَالُوا صَدُوقُ اللِّسَانِ نَعْرِفُهُ فَمَا مَخْمُومُ الْقَلْبِ قَالَ هُوَ التَّقِيُّ النَّقِيُّ لَا إِثْمَ فِيهِ وَلَا بَغْيَ وَلَا غِلَّ وَلَا حَسَدَ

Baca Juga:
Dalil-Dalil Bahwa Orang-Orang Yang Beriman Melihat Allah di Surga Bagian 3 - Kitab Al-Ibanah

“Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bersih hatinya dan selalu benar atau jujur lisannya.” Kemudian mereka para sahabat berkata, mengenai jujur atau benar lisannya, kami sudah mengetahuinya, tetapi apakah yang dimaksud dengan orang yang bersih hatinya?” Beliau menjawab, “Yaitu seseorang yang bertakwa dan bersih, yang tidak terdapat kedurhakaan dan kezaliman padanya, tidak iri hati (hasad), dan juga tidak dengki.”. (HR. Ibnu Majah)

Simak Penjelasan Lengkapnya dan Download mp3 Ceramah Agama Islam Tentang Pembersih-Pembersih Hati


Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Lihat Juga: Radio Streaming, Khutbah Jumat, Ceramah Agama, Ceramah Lucu, Khutbah Idul Adha, Kultum, Ceramah Singkat, Shalawat, Shalat JenazahRukun IslamRukun Iman, Ziarah Kubur, Shalat Berjamaah, Amar Ma’ruf Nahi Munkar, Belajar Bahasa Arab,

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.