Telegram Rodja Official

Berlarilah Menuju Allah

By  |  pukul 12:26 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 28 Shafar 1440 / 06 November 2018 pukul 12:26 pm

Tautan: https://rodja.id/24i

Berlarilah Menuju Allah merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abdullah TaslimM.A. dalam pembahasan Kitab Ar-Risalah At-Tabukiyyah karya Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyah rahimahullah. Kajian ini disampaikan pada 24 Muharram 1440 H / 04 Oktober 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Hijrah Menuju Allah dan RasulNya

Kajian Islam Ilmiah Tentang Berlarilah Menuju Allah – Kitab Ar-Risalah At-Tabukiyyah

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

فَفِرُّوا إِلَى اللَّـهِ ۖ إِنِّي لَكُم مِّنْهُ نَذِيرٌ مُّبِينٌ ﴿٥٠﴾

Maka segeralah kembali kepada (mentaati) Allah. Sesungguhnya aku seorang pemberi peringatan yang nyata dari Allah untukmu.” (QS. Adz-Dzariyat[51]: 50)

Ibnu Qayyim menjelaskan bahwa dibawah kalimat “dari” dan “kepada”, ada titik tolaknya dari mana dia berhijrah dan kemana dia menuju dengan hijrahnya tersebut. Dibawah dua kata ini terdapat rahasia atau hikmah yang besar yang merupakan rahasia-rahasia tauhid. Ini adalah perkara yang bisa dikatakan jarang dibahas ketika seseorang membicarakan masalah hijrah. Maka merupakan nikmat Allah ketika kita bisa membaca keterangan yang disampaikan oleh Imam Ibnu Qayyim dalam pembahasan ini.

Baca Juga:  Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits 847-854 - TPP: Perbuatan Dzalim kepada Manusia Menjadikan Pelakunya Bangkrut pada Hari Kiamat (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Berlari, kembali dengan segera kepada Allah, terkandung didalamnya pengesaan Allah dalam segala peenghambaan dirinya dan semua konsekuensi dari penghambaan diri itu berupa rasa cinta, takut, selalu kembali dan tawakal atau bersandar hati kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Kembali kepada Allah dengan segera adalah berlindung kepada Allah subhanahu wa ta’ala yang hal itu hanya bisa dilakukan dengan mendekatkan diri kepadaNya, selalu memohon kepadaNya, menyandarkan hati kepadaNya, cinta, takut dan berharap hanya kepadaNya semata. Maka disini terdapat perintah untuk memurnikan tauhid bahkan inilah hakikat tauhid yang sesungguhnya. Maka dari itu, hijrah kepada Allah subhanahu wa ta’ala asalnya adalah hijrah hati. Kalau anggota badan yang berhijrah tanpa disertai dengan keinginan dihati untuk memurnikan penghambaan dirinya kepada Allah, maka hijrah ini tidak akan bermanfaat.

Baca Juga:  Bacaan Shalawat Nabi Yang Paling Utama

Maka ini mengandung didalamnya tauhid uluhiyah. Penghambaan diri kepada Allah semata. Mengesakan Allah dalam uluhiyahNya untuk diibadahi lahir dan batin semata. Yang mana tauhid ini merupakan dakwah para Nabi dan Rasul ‘alaihimush shalatu was salam. Inilah seruan inti dari semua dakwah yang disampaikan oleh para Nabi dan Rasul. Yaitu untuk mengajak umatnya kembali kepada Allah subhanahu wa ta’ala dan berpaling dari segala sesuatu yang disembah selainNya.

Jadi kita dapati ternyata perintah dalam ayat ini adalah perintah untuk kembali kepada tauhid. Dan ini adalah sesuatu yang ketika hamba merenungkannya, bukan hanya sekedar mengamalkan perintah itu sendiri, tapi ini adalah kebutuhan hamba yang paling besar. Karena setiap hamba ingin selamat dari segala sesuatu yang ditakutkannya dan tidak ada yang ditakutkan sesuatupun yang terjadi didunia ini kalau bukan dengan kehendak Allah subhanahu wa ta’ala. Maka ketika seorang hamba ingin lari dari hal yang ditakutkannya, dia butuh perlindungan yang sempurna.

Baca Juga:  Khusyuk dalam Shalat (Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, Lc.)

Allah subhanahu wa ta’ala adalah tujuan kita dalam berhijrah, berlindung, menyembah Allah semata, cinta, takut dan berharap serta semua konsekuensi dari penghambaan diri kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Simak Kajian Lengkapnya, Download dan Sebarkan mp3 Ceramah Agama Islam Tentang Berlarilah Menuju Allah – Kitab Ar-Risalah At-Tabukiyyah

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

 

 

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.