Tujuan Hidup Seorang Muslim Adalah Surga

By  |  pukul 8:18 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 28 Rabiul awwal 1440 / 06 Desember 2018 pukul 8:28 am

Tautan: https://rodja.id/26k

Tujuan Hidup Seorang Muslim Adalah Surga adalah Tabligh Akbar yang disampaikan oleh Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas. Tabligh akbar bersama Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas ini diselenggarakan di Masjid Al-Hidayah, Jl. Munawarman, Palu Timur pada hari Kamis, 14 Rabi’ul Awwal 1440 H /22 November 2018 M.

Ceramah Agama Tentang Tujuan Hidup Seorang Muslim Adalah Surga – Tabligh Akbar

Sebagai seorang muslim kita harus ingat bahwa tujuan hidup kita adalah surga, bukan dunia. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۖ فَمَن زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ ﴿١٨٥﴾

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.” (QS. Ali-Imran[3]: 185)

Allah sebutkan empat poin dalam ayat ini. Yaitu:

Pertama, Semua Jiwa Pasti Akan Mati.

Siapapun dia orangnya pasti akan mati. Tidak akan ada orang yang kekal. Siapapun dia! Bahkan para Nabi dan Rasul tidak ada yang hidup. Semua meninggal. Bahkan Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

إِنَّكَ مَيِّتٌ وَإِنَّهُم مَّيِّتُونَ ﴿٣٠﴾

Sesungguhnya kamu akan mati dan sesungguhnya mereka akan mati (pula).” (QS. Az-Zumar[39]: 1)

Semua Nabi dan Rasul mati kecuali satu Nabi yang belum mati, yaitu Nabi Isa ‘alaihissalam yang diangkat langsung oleh Allah dan ditugaskan untuk membunuh dajjal. Setelah membunuh dajjal baru Nabi Isa meninggal dunia.

Maka dari itu ketika Abu Bakar as-Siddiq mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam meninggal, semua sahabat sedih sampai ‘Umar mengatakan, “barangsiapa mengatakan Nabi Muhammad mati, maka aku akan penggal lehernya.” Hal ini karena kecintaan beliau yang luar biasa kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Kalau sudah meninggal tidak boleh disembah. Masih hidup saja tidak boleh disembah apalagi sudah meninggal. Inilah ajaran islam, tauhid kepada allah subhanahu wa ta’ala. Bahwa orang yang hidup tidak bisa memberikan manfaat, tidak bisa menolak bahaya. Apalagi orang itu sudah meninggal. Yang bisa memberikan manfaat dan menolak bahaya hanyalah Allah subhanahu wa ta’ala. Abu Bakar membawakan ayat dalam surat Ali Imron:

Baca Juga:  Kaidah Yang Berkaitan dengan Kaidah Adat Kebiasaan Bisa Dijadikan Sandaran Hukum

وَمَا مُحَمَّدٌ إِلَّا رَسُولٌ قَدْ خَلَتْ مِن قَبْلِهِ الرُّسُلُ ۚ أَفَإِن مَّاتَ أَوْ قُتِلَ انقَلَبْتُمْ عَلَىٰ أَعْقَابِكُمْ ۚ وَمَن يَنقَلِبْ عَلَىٰ عَقِبَيْهِ فَلَن يَضُرَّ اللَّـهَ شَيْئًا ۗ وَسَيَجْزِي اللَّـهُ الشَّاكِرِينَ ﴿١٤٤﴾

Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang rasul, sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang rasul. Apakah Jika dia wafat atau dibunuh kamu berbalik ke belakang (murtad)? Barangsiapa yang berbalik ke belakang, maka ia tidak dapat mendatangkan mudharat kepada Allah sedikitpun, dan Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.” (QS. Ali Imron[3]: 144)

Pera sahabat menangis karena benar bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah meninggal.

Kedua, Dunia Bukan Tempat Ganjaran

Seseorang akan diberikan ganjaran secara sempurna nanti pada hari kiamat. Ketika orang berbuat baik di dunia maka akan dibalas 10 sampai 700 kali lipat. Namun sempurnanya ganjaran akan diberikan ketika nanti hari kiamat. Orang yang melakukan keburukan akan dibalas di dunia. Tapi sempurnanya balasan akan diberikan nanti ketika di akhirat.

Ketiga, Orang Yang Sukses

Dalam ayat ini Allah juga menyebutkan barang siapa yang dijauhkan dari api neraka dan dimasukkan ke surga maka dialah orang yang sukses. Hendaknya seorang muslim mengingat ayat ini. Bahwa orang yang sukses menurut Al-Qur’an, orang yang menang, orang yang berhasil adalah orang yang dimasukkan oleh Allah kedalam surga dan dijauhkan dari api neraka.

Ukuran dunia bukan ukuran sukses. Orang mendapatkan gelar, mendapatkan kedudukan, mendapatkan jabatan, mempunyai rumah yang besar, mempunyai mobil yang banyak, mempunyai perusahaan yang banyak, itu bukan sukses. Sukses yang hakiki, sukses yang abadi, menurut Allah di dalam Al-Quran adalah ketika orang dijauhkan dari api neraka dan dimasukkan ke dalam surga. Inilah orang yang dikatakan sebagai orang sukses.

Baca Juga:  Kitab Tauhid - Pemurnian Ibadah kepada Allah Ta'ala (Ustadz Dr. Firanda Andirja, M.A. dan Ustadz Maududi Abdullah, Lc.)

Orang yang pertama kali sukses adalah para sahabat, para Nabi dan Rasul. Semua Nabi-Nabi, semua Rasul adalah orang yang sukses.

Berbeda dengan kita yang mengukur kesuksesan dengan dunia. Ketika seseorang memiliki harta yang banyak, memiliki kedudukan, memiliki jabatan, menjadi walikota, menjadi menteri, kita akan mengatakan mereka adalah orang yang sukses. Padahal tidak demikian. Karena itu justru menjadi fitnah yang besar untuk mereka. Itulah yang dinamakan fitnah syahwat. Dan banyak orang yang tertipu dengan dunia.

Keempat, Dunia Adalah Kehidupan Yang Menipu

Allah juga menyebutkan dalam ayat ini bahwa tidaklah kehidupan di dunia ini melainkan kehidupan yang menipu. Allah yang mengatakan demikian. Maka jangan mengejar dunia. Tapi kejarlah akhirat. Tujuan hidup seorang mukmin adalah surga bukan dunia.

Ketika berusaha siang dan malam melaksanakan syariat Islam tujuannya adalah untuk masuk surga bukan dunia. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyebutkan bahwa dunia ini lebih jelek dari bangkai kambing. Dunia tidak ada harganya meskipun hanya seberat sayap nyamuk. Sampai Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi:

لَوْ كَانَت الدُّنْيَا تَعْدِلُ عِنْدَ الله جَنَاحَ بَعُوضَةٍ ، مَا سَقَى كَافِراً مِنْهَا شَرْبَةَ مَاءٍ

Seandainya dunia ini di sisi Allah senilai harganya dengan sayap nyamuk niscaya Allah tidak akan memberi minum barang seteguk sekalipun kepada orang kafir” (HR. Tirmidzi)

Tujuan Hidup Generasi Terbaik Umat Islam

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bahwa sebaik-baik generasi adalah para sahabat yang bertemu dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Nabi sebutkan bahwa mereka adalah yang terbaik. Nabi sebutkan mereka yang terbaik tentang aqidah, ibadahnya, akhlaknya, muamalahnya, jihadnya, merekalah yang terbaik, para sahabat. Bukan rupanya, bukan kendaraannya, bukan hartanya, ukurannya adalah hati dan amal. Merekalah yang terbaik dari umat ini.

Maka dari itu kita diperintahkan untuk mengikuti mereka. Kita tidak boleh mengikuti jalan selain jalannya para sahabat. Kalau kita mengikuti jalan selain jalannya para sahabat, Allah ancam orang itu dengan kesesatan di muka bumi ini dan juga diancam dengan masuk neraka. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

Baca Juga:  Bab Keutamaan Ilmu - Kajian Shahih Bukhari

وَمَن يُشَاقِقِ الرَّسُولَ مِن بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ الْهُدَىٰ وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ نُوَلِّهِ مَا تَوَلَّىٰ وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ ۖ وَسَاءَتْ مَصِيرًا ﴿١١٥﴾

Dan barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin, Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali.“(QS. An-Nisa[4]: 115)

Simak Penjelasan Lengkap dan Download MP3 Ceramah Agama Islam Tentang Tujuan Hidup Seorang Muslim Adalah Surga – Tabligh Akbar

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv


tujuan hidup manusia, tujuan hidup di dunia, tujuan hidup saya, tujuan manusia hidup, tujuan manusia hidup di dunia, tujuan hidup manusia secara umum, tujuan hidup seseorang, tujuan hidup muslim, tujuan hidup seorang muslim, mencari tujuan hidup, tujuan hidup manusia di dunia, kata tujuan hidup, tujuan hidup kita, tidak punya tujuan hidup, motivasi tujuan hidup, tujuan kita hidup di dunia, tujuan hidup sebenarnya, menentukan tujuan hidup, arti tujuan hidup, tujuan orang hidup, tujuan hidup menurut islam, tujuan dalam hidup, menemukan tujuan hidup, kata bijak tujuan hidup, tujuan hidup manusia menurut filsafat, tujuan hidup inspirasi, tujuan hidup dalam islam, tujuan hidup manusia pada umumnya, tujuan hidup manusia menurut islam

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.