Telegram Rodja Official

Al-Khalashah Al-Asasiyah

Tanda-Tanda Fi’il (Kata Kerja)

By  | 

Tanda-Tanda Fi’il (Kata Kerja) adalah bagian dari kajian Islam dan belajar bahasa arab dengan pembahasan kitab الخلاصة الأساسية في القواعد النحوية (Al-Khalashah Al-Asasiyah Fil Qawa’idin Nahwiyah). Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mas’ud Mahmud, Lc. Kajian ini disampaikan pada 27 Muharram 1441 H / 27 Agustus 2019 M.

Download kitab الخلاصة الأساسية في القواعد النحوية

Pengantar Pelajaran Tanda-Tanda Isim (Kata Benda)

Pada pertemuan yang lalu kita sudah masuk kepada tanda-tanda isim. Yaitu sebagaimana diungkapkan oleh para ahli nahwu bahwa isim itu memiliki tanda. Walaupun Antum tidak mengetahui satu makna dari kalimat tersebut, akan tetapi Antum bisa menentukan atau memahami atau mengenal bahwa itu isim melalui tanda-tanda tersebut. Tentu ini sebagaimana telah disampaikan pada pertemuan-pertemuan yang lalu bahwa untuk pemula khususnya, maka yang harus diperhatikan adalah kitab yang berharakat. Terlebih-lebih utama adalah Al-Qur’anul Karim dan juga hadits-hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang umumnya Insya Allah telah diberikan harakat oleh para ahli hadits atau para penulis hadits-hadits baik dalam Shahih Bukhari, Shahih Muslim dan kitab Sunan maupun kitab hadits lainnya. Maka dari situ Antum bisa melihat dan membedakan mana itu isim dan mana yang bukan isim.

Baca Juga:
Pelajaran Bahasa Arab: Durusul Lughah 3, Halaman 76-77 - Ad-Darsu At-Tasi'u - Latihan 1-3 (Ustadz Mas’ud Mahmud, Lc.)

Pada pertemuan yang lalu bahwa diantara tanda isim adalah (1) tanwin. Jadi setiap kata yang bertanwin maka sudah bisa dipastikan bahwa itu adalah isim. Kemudian yang kedua adalah (2) kata yang makai alif dan lam. Maksudnya yaitu alif lam asy-syamsiah ataupun alif lam al-qamariyah. Tanda yang ke tiga adalah (3) al-jarr (kata yang berharakat akhir kasrah). Maka setiap kata yang diakhiri harakat kasrah maka sudah bisa ditebak bahwa itu adalah isim.

Tanda-Tanda Fi’il (Kata Kerja)

Penjelasan pada menit ke-8:39

Downlod MP3 Tanda-Tanda Fi’il (Kata Kerja)

Jangan lupa untuk turut menyebarkan link download kajian ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahu fiikum..

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Lihat Juga: Radio Streaming, Khutbah Jumat, Ceramah Agama, Ceramah Lucu, Khutbah Idul Adha, Kultum, Ceramah Singkat, Shalawat, Shalat JenazahRukun IslamRukun Iman, Ziarah Kubur, Shalat Berjamaah, Amar Ma’ruf Nahi Munkar, Belajar Bahasa Arab,

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.