Telegram Rodja Official

Aktualisasi Akhlak Muslim

Keutamaan Ikhlas – Bagian ke-3: Poin 15-16 – dan Ciri-ciri Hamba yang Ikhlas – Bagian ke-1: Poin 1-4 – Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

By  | 

Notice: Undefined variable: PodpressSettings in /home/radiorod/public_html/wp-content/plugins/powerpress/powerpress.php on line 3565

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Mari kita simak kembali, ceramah agama yang pernah live pada Senin malam, 29 Muharram 1435 / 2 Desember 2013, pukul 20:30-21:30 WIB bersama Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary dengan seri pembahasan Aktualisasi Akhlak Muslim, yang alhamdulillah dapat kita download rekaman MP3 kajiannya sekarang. Pembahasan kali ini melanjutkan pembahasan yang telah berlalu, yaitu membahas tentang Keutamaan Ikhlas yang ke-15 dan ke-16, dilanjutkan dengan Ciri-ciri Hamba yang Ikhlas.

Daftar Isi

Baca Juga:
Memaafkan Lebih Utama daripada Membalas - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

Ringkasan Ceramah Agama: Aktualisasi Akhlak Muslim

Keutamaan Ikhlas

Keutamaan Ikhlas yang ke-15: Orang yang Ikhlas Dijamin akan Menjadi Penghuni Surga

[02:49]
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَيُطْعِمُونَ الطَّعَامَ عَلَى حُبِّهِ مِسْكِيناً وَيَتِيماً وَأَسِيراً (٨) إِنَّمَا نُطْعِمُكُمْ لِوَجْهِ اللَّهِ لَا نُرِيدُ مِنكُمْ جَزَاء وَلَا شُكُوراً (٩) إِنَّا نَخَافُ مِن رَّبِّنَا يَوْماً عَبُوساً قَمْطَرِيراً (١٠) فَوَقَاهُمُ اللَّهُ شَرَّ ذَلِكَ الْيَوْمِ وَلَقَّاهُمْ نَضْرَةً وَسُرُوراً (١١)

“Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan. Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhaan Allah, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih. Sesungguhnya kami takut akan (adzab) Tuhan kami pada suatu hari yang (di hari itu) orang-orang bermuka masam penuh kesulitan. Maka Tuhan memelihara mereka dari kesusahan hari itu, dan memberikan kepada mereka kejernihan (wajah) dan kegembiraan hati.” (Q.S. Al-Insan [76]: 8-12)

Keutamaan Ikhlas yang ke-16: Salah Satu Buah dari Keikhlasan adalah Ridha Allah Subhanahu wa Ta’ala

[06:17]
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَمَا لِأَحَدٍ عِندَهُ مِن نِّعْمَةٍ تُجْزَى (١٩) إِلَّا ابْتِغَاء وَجْهِ رَبِّهِ الْأَعْلَى (٢٠) وَلَسَوْفَ يَرْضَى (٢١)

“Padahal tidak ada seseorangpun memberikan suatu ni’mat kepadanya yang harus dibalasnya, tetapi (dia memberikan itu semata-mata) karena mencari keridhaan Tuhannya yang Maha Tinggi. Dan kelak dia benar-benar mendapat kepuasan.” (Q.S. Al-Lail [92]: 19-21)

Baca Juga:
Landasan Iman yang Paling Agung - Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

Ciri-ciri Hamba yang Ikhlas

[09:11]

Ciri Hamba yang Ikhlas ke-1: Hamba yang Selalu Melihat Kekurangan Diri Sendiri; Selalu Merasa Orang Lain Lebih Baik dari Dirinya

وَالَّذِينَ يُؤْتُونَ مَا آتَوا وَّقُلُوبُهُمْ وَجِلَةٌ أَنَّهُمْ إِلَى رَبِّهِمْ رَاجِعُونَ (المؤمنون: ٦٠)

“Dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan, dengan hati yang takut, (karena mereka tahu bahwa) sesungguhnya mereka akan kembali kepada Tuhan mereka,” (Q.S. Al-Mukminun [23]: 60)

Ciri Hamba yang Ikhlas ke-2: Orang yang Ikhlas Tidak Terpengaruh dengan Pujian Orang Lain; Tidak Takut kepada Celaan Manusia dan Tidak Tenggelam dalam Pujian-pujian Orang-orang yang Suka Memuji

Ciri Hamba yang Ikhlas ke-3: Orang yang Ikhlas Berusaha Menyembunyikan Amal Kebaikannya yang Dikerjakannya; Jauh dari Memamer-mamerkan dan Menunjuk-nunjukkan Amal

Ciri Hamba yang Ikhlas ke-4: Menjauhkan Diri dari Popularitas; Tidak Menyukai Kepopuleran

Download Ceramah Agama “Aktualisasi Akhlak Muslim”: Keutamaan Ikhlas (ke-15 dan ke-16) dan Ciri-ciri Hamba yang Ikhlas (ke-1 hingga ke-4)

Mari bagikan tautan ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Silakan pula berbagi file hasil download rekaman ceramah agama Islam ini kepada saudara-saudara kita. Jazakumullahu khoiron.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.