Telegram Rodja Official

Faedah Sejarah Islam

Biografi Singkat Imam Ahmad Bin Hambal

By  |  pukul 7:12 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 27 Mei 2020 pukul 7:14 am

Tautan: https://rodja.id/2n3

Biografi Singkat Imam Ahmad Bin Hambal merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Faidah-Faidah Sejarah Islam yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.. Kajian ini disampaikan pada 29 Ramadhan 1441 H / 22 Mei 2020 M.

Download juga kajian sebelumnya: Al-Mutawakkil Alallah – Khalifah Ke-10 Bani Abbasiyah

Kajian Tentang Biografi Singkat Imam Ahmad Bin Hambal

Pembahasan kita pada kesempatan yang singkat ini insyaAllah akan membahas tentang sekilas tentang biografi Imam Ahmad bin Hambal Rahimahullah, yaitu salah satu Imam dari empat madzhab fiqih yang populer; madzhab Abu Hanifah, madzhab Imam Malik, madzhab Imam Syafi’i, madzhab Imam Ahmad. Yang mana penisbatan kepada Imam Ahmad disebut madzhab Hanafiyyah,  madzhab Malikiyyah, madzhab Syafi’iyyah dan madzhab Hanabilah.

Kita membahas biografi beliau karena beliau sebagaimana telah kita singgung pada beberapa masa kekuasaan Bani Abbasiyah mulai dari masa Al-Makmun, kemudian Al-Mu’tashim, kemudian Al-Watsiq, kemudian Al-Mutawakkil Alallah. Dan beliau (Imam Ahmad) melalui beberapa fase dari kekuasaan Bani Abbasiyah dan juga beliau merpakan seorang yang berjasa mempertahankan aqidah Ahlus Sunnah wal Jamaah dalam menghadapi doktrin dari Muktazilah yang mengatakan bahwa Al-Qur’an itu adalah makhluk.

Kemudian, karena beliau wafat dalam masa jabatan Al-Mutawakkil sebagaimana telah kita bahas pada beberapa petemuan yang lalu tentang kekuasaan Al-Mutawakkil, yaitu Khalifah yang ke-10 dari rangkaian penguasa Bani Abbasiyah. Al-Mutawakkil berkuasa dari tahun 232 H sampai tahun 247 H. Sedangkan Imam Ahmad wafat dalam masa kekuasaan, yaitu pada tahun 241 H.

Baca Juga:
Apa Itu Jihad?

Imam Ahmad Rahimahullah sangat terkenalnya karena atas perjuangan beliau dalam memperjuangkan aqidah sampai pada masa Al-Mutawakkil, disitulah beliau mendapatkan pertolongan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala dimana Al-Mmutawakkil mengembalikan umat kepada aqidah Ahlus Sunnah wal Jamaah dan memberhentikan fitnah khalqilQur’an (Al-Qur’an sebagai makhluk) dan memaksakan doktrin tersebut untuk diberhentikan dan kembali ulama-ulama Al-Muhadditsun melakukan riwayat pengajaran aqidah dan menyampaikan hadits-hadits Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam secara normal dan bebas.

Biografi Imam Ahmad Rahimahullah

Biografi beliau adalah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal bin Hilal bin Asad bin Idris bin Abdillah bin Hayyan bin Abdillah bin Anas bin Auf bin Qasith bin Mazin bin Syaiban. Syaiban inilah beliau dinisbatkan kepada kakeknya nanti Ahmad bin Hanbal Asy-Syaibani.

Download mp3 dan simak penjelasan lengkapnya. Penjelasan yang akan kita bahasa ini kita ambil secara ringkas di kitab Bidayah wan Nihayah yang ditulis oleh Ibnu Katsir Rahimahullah dan Ibnu Katsir menukil dari kitab Imam Al-Baihaqi yang mana Imam Baihaqi menulis kitab khusus tentang biografi Imam Ahmad.

Download MP3 Kajian Tentang Biografi Singkat Imam Ahmad Bin Hambal

Untuk mp3 kajian  yang lain: silahkan kunjungi mp3.radiorodja.com

Mari turut membagikan link download kajian tentang Biografi Singkat Imam Ahmad Bin Hambal yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda. Jazakumullahu Khairan.

Baca Juga:
Sebab-Sebab Seseorang Berpaling dari Kebenaran

Lihat juga rekaman lainnya: 

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 ÷ 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.