Rodja Peduli

Ayat-Ayat Ahkam

Uluhiyah Allah – Tafsir Surat Ali-Imran Ayat 2

By  |  pukul 4:07 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 18 Januari 2021 pukul 3:12 pm

Tautan: https://rodja.id/2xf

Uluhiyah Allah – Tafsir Surat Ali-Imran Ayat 2 adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Ayat-Ayat Ahkam. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Kamis, 23 Jumadal Awwal 1442 H / 07 Januari 2021 M.

Ceramah Agama Islam Tentang Uluhiyah Allah – Tafsir Surat Ali-Imran Ayat 2

Pada kesempatan yang mulia ini kita akan membahas ayat ke-2 dari surat Ali-Imran. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

اللَّـهُ لَا إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ﴿٢﴾

Ayat yang mulia ini mengandung banyak sekali faedah dan pelajaran. Yaitu:

1. Menetapkan sifat uluhiyah bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala

Sifat uluhiyah ini adalah sifat yang memang dimiliki oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan Allah menyendiri dalam hal uluhiyah ini. Allah Esa dalam uluhiyahNya. Artinya tidak ada ilah yang benar untuk diibadahi kecuali Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Di sana ada sesembahan-sesembahan yang batil. Akan tetapi ilah-ilah tersebut disembah oleh mereka orang-orang musyrikin yang ketika menyembahnya berada diatas kejahilan. Allah menyebut bahwa nama-nama Tuhan yang disembah oleh kaum musyrikin itu adalah nama-nama yang tidak ada dasarnya. Allah berfirman:

مَا تَعْبُدُونَ مِن دُونِهِ إِلَّا أَسْمَاءً سَمَّيْتُمُوهَا…

Apa yang kalian ibadahi dari selain Allah adalah hanya nama-nama yang kalian buat-buat…” (QS. Yusuf[12]: 40)

Baca Juga:
Jalan Selamat - Bandung 1438 / 2016 (Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas)

Kemudian Allah juga berfirman:

أَفَرَأَيْتُمُ اللَّاتَ وَالْعُزَّىٰ ﴿١٩﴾ وَمَنَاةَ الثَّالِثَةَ الْأُخْرَىٰ ﴿٢٠﴾ أَلَكُمُ الذَّكَرُ وَلَهُ الْأُنثَىٰ ﴿٢١﴾ تِلْكَ إِذًا قِسْمَةٌ ضِيزَىٰ ﴿٢٢﴾ إِنْ هِيَ إِلَّا أَسْمَاءٌ سَمَّيْتُمُوهَا أَنتُمْ وَآبَاؤُكُم مَّا أَنزَلَ اللَّـهُ بِهَا مِن سُلْطَانٍ ۚ إِن يَتَّبِعُونَ إِلَّا الظَّنَّ وَمَا تَهْوَى الْأَنفُسُ ۖ وَلَقَدْ جَاءَهُم مِّن رَّبِّهِمُ الْهُدَىٰ ﴿٢٣﴾

Apakah patut bagi kalian (wahai orang-orang musyrik) menganggap berhala Lata, Uzza dan Manah yang ketiganya sebagai anak perempuan dari Allah. Apakah pantas untuk kalian anak laki-laki sedangkan bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala anak perempuan? Itu merupakan pembagian yang tidak adil. Itu tidak lain hanyalah nama-nama yang dibuat-buat oleh kalian dan dibuat oleh nenek moyang kalian. Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak menurunkan hujjah tentang hal itu. Mereka tidaklah mengikuti melainkan prasangka dan apa yang diingini oleh hawa nafsu mereka saja. Padahal sesungguhnya telah datang kepada mereka dari Rabb mereka petunjuk.” (QS. An-Najm[53]: 19-23)

Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam surat Hud ayat 1 berfirman tentang berhala-berhala yang disembah oleh orang-orang musyrikin tidak memberikan manfaat sama sekali kepada mereka.

فَمَا أَغْنَتْ عَنْهُمْ آلِهَتُهُمُ الَّتِي يَدْعُونَ مِن دُونِ اللَّـهِ مِن شَيْءٍ

“Tuhan-Tuhan yang mereka sembah dari selain Allah sama sekali tidak bisa memberikan manfaat kepada mereka.” (QS. Hud[11]: 101)

Di sini Allah Subhanahu wa Ta’ala menafikan Tuhan. Allah hanya menetapkan Allah semata. Tapi dalam ayat-ayat yang lain Allah menyebutkan ada Tuhan-Tuhan. Maksudnya adalah ilah-ilah selain Allah adalah ilah yang batil.

Baca Juga:
Hak Rumah - Bagian ke-1 - Tabshiratul Anam (Ustadz Kurnaedi, Lc.)

Bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Uluhiyah Allah – Tafsir Surat Ali-Imran Ayat 2” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Lihat juga rekaman lainnya: 

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× 3 = 27

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.