Rodja Peduli

Al-Qiyamah Ash-Shughra

Manusia Yang Sakarat Ingin Kembali Ke Dunia

By  |  pukul 11:06 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 11 Februari 2021 pukul 10:43 am

Tautan: https://rodja.id/2yj

Manusia Yang Sakarat Ingin Kembali Ke Dunia merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Al-Qiyamah Ash-Shughra yang disampaikan oleh Ustadz Ali Nur, Lc. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 19 Jumadal Akhirah 1442 H / 01 Februari 2021 M.

Kajian Tentang Manusia Yang Sakarat Ingin Kembali Ke Dunia

Ada manusia yang ingin kembali ke dunia ketika dia tahu nyawanya akan dicabut. Dan sebagaimana yang sudah kita bahas di kajian-kajian lalu bahwasanya Allah dengan tegas mengatakan:

فَإِذَا جَاءَ أَجَلُهُمْ لَا يَسْتَأْخِرُونَ سَاعَةً ۖ وَلَا يَسْتَقْدِمُونَ

Kalau sudah ditentukan datang ajalnya, maka tidak akan ada penundaan sedikitpun dan tidak ada percepatan sedikitpun.” (QS. Al-A’raf[7]: 34)

Ketika manusia melihat itu, mereka ingin kembali untuk melakukan amalan-amalan shalih yang pernah dia tinggalkan. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

حَتَّىٰ إِذَا جَاءَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ ارْجِعُونِ ﴿٩٩﴾ لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ

Ketika datang kematian pada salah seorang mereka, mereka mengatakan: ‘Ya Allah, kembalikan aku agar aku melakukan amalan shalih yang pernah aku tinggalkan.’” (QS. Al-Mu’minun[23]: 99-100)

Allah Subhanahu wa Ta’ala menjawab:

كَلَّا ۚ إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَائِلُهَا

Sekali-kali tidak, itu hanya alasan saja. Di hadapannya sudah membentang alam barzakh hingga hari kiamat.” (QS. Al-Mu’minun[23]: 100)

Baca Juga:
Aqidah Ahlussunnah Tentang Sifat Allah Al-Istiwa - Kitab Al-Ibanah (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)

Jangan sampai kita termasuk orang-orang yang seperti ini. Dimana kita ingin Allah mengembalikan nyawa kita atau memperlambat ajal kita, padahal itu satu hal yang tidak mungkin. Penyesalan disaat seperti ini adalah penyesalan yang tidak ada gunanya sama sekali.

Maka manfaatkan waktu kita saat ini untuk terus mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Ingat, tidak ada gunanya penyesalan di saat malaikat maut sudah datang untuk mencabut nyawa kita. Pada saat itu keimanan dan taubat tidak ada gunanya sama sekali.

Lalu bagaimana proses tercabutnya nyawa untuk hamba yang kafir? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini..

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Manusia Yang Sakarat Ingin Kembali Ke Dunia” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.