Rodja Peduli

Zadul Mustaqni

Syarat-Syarat Si Pewakaf

By  |  pukul 12:01 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 18 Februari 2021 pukul 10:15 am

Tautan: https://rodja.id/2ys

Syarat-Syarat Si Pewakaf merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. dalam pembahasan Kitab Zadul Mustaqni. Kajian ini disampaikan pada Kamis, 28 Jumadil Akhir 1442 H / 11 Februari 2021 M.

Download kajian sebelumnya: Syarat-Syarat Wakaf

Kajian Islam Ilmiah Tentang Syarat-Syarat Si Pewakaf

Apa yang disyaratkan oleh Si Pewakaf, maka harus dilakukan seperti itu. Dan kaidah umum dalam hal ini sebagaimana dijelaskan oleh para ulama:

نص الواقف كنص الشارع

“Ucapan/ikrar seorang wakif (teksnya) sama dengan teks syariat.”

Ucapan dia diperlakukan seperti sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, bukan artinya sejajar dalam kekuatan hukum, akan tetapi bagaimana memperlakukannya. Bila umum bisa ditakhsis (dibatasi) kalau ada mukhassis-nya, baik dengan ‘urf atau dengan perkataan pewakaf selanjutnya.

Jadi ikrarnya diperlakukan sama seperti para mujtahid memperlakukan nash syariat, nash Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Penulis mengatakan: “Dan wajib untuk mengamalkan dengan persyaratan yang berwakaf.” Yang wajib mengamalkan di sini maksudnya adalah Nazhir wakaf (pihak pengelola).

Misalnya ada seseorang berwakaf kebun kelapa sawit 10 hektar, maka si pengelola wakaf tadi wajib mengikuti persyaratan yang berwakaf. Di sini bagi Nazhir melakukannya sama seperti bagi seorang muslim ketika ada firman Allah dan sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang memerintahkan sesuatu.

Baca Juga:
Cara Agar Sholat Khusyu'

Ketika Nazhir menerima amanah untuk mengelola lahan 10 hektar, maka wajib dia melakukan persyaratan wakif. Misalnya wakif berkata: “Ini wakaf untuk anak-anakku dan anak-anak mereka,” artinya anak-anakku dan cucu-cucuku, berarti gabung. Maka andaipun diwaktu itu si wakif masih hidup dan dia menunjuk dirinya selagi masih hidup yang mengelolanya, setiap hasil dari sawit 10 hektar tadi dibagi rata kepada anak-anak dan cucu-cucunya.

Bagaimana contoh ikrar wakaf yang lain beserta konsekuensinya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Download mp3 kajian yang lain di mp3.radiorodja.com

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link kajian “Syarat-Syarat Si Pewakaf” ini melalui jejaring sosial Facebook, Twitter dan yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.