Rodja Peduli

Al-Qiyamah Ash-Shughra

Nabi Mendengar Suara Adzab Kubur

By  |  pukul 4:15 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 03 Mei 2021 pukul 4:58 pm

Tautan: https://rodja.id/322

Nabi Mendengar Suara Adzab Kubur merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Al-Qiyamah Ash-Shughra yang disampaikan oleh Ustadz Ali Nur, Lc. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 21 Ramadhan 1442 H / 3 Mei 2021 M.

Kajian Tentang Nabi Mendengar Suara Adzab Kubur

Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan kemampuan kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk bisa mendengar orang-orang yang sedang diadzab dalam kuburan mereka. Ini merupakan keutamaan yang Allah berikan kepada siapa saja yang Allah kehendaki dan tentunya untuk satu hikmah yang besar.

Dari Zaid bin Tsabit Radhiyallahu ‘Anhu, dia berkata: “Ketika beliau berada di kebun milik Bani Najjar, di atas kendaraan bighalnya dan kami bersama beliau, tiba-tiba bighalnya berbelok hingga hampir beliau terlempar, ternyata di situ ada enam, lima atau empat kuburan, beliau berkata: ‘Adakah yang tahu siapa penghuni kuburan ini?’ Seseorang menjawab: ‘Saya tahu siapa yang dikuburkan ini’. Beliau bertanya: ‘Kapan beliau meninggal dunia?’ ia menjawab: ‘Mereka meninggal ketika masih melakukan kesyirikan’ Lalu Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

إِنَّ هَذِهِ الْأُمَّةَ تُبْتَلَى فِي قُبُورِهَا فَلَوْلَا أَنْ لَا تَدَافَنُوا لَدَعَوْتُ اللَّهَ أَنْ يُسْمِعَكُمْ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ الَّذِي أَسْمَعُ مِنْهُ

“Sesungguhnya umat ini diuji di kuburan. Seandainya tidak memikirkan nanti kalian tidak mau saling menguburkan, niscaya aku akan berdoa kepada Allah agar kalian bisa mendengarkan adzab kubur yang sekarang sedang aku dengar.” (HR. Muslim)

Baca Juga:
Ahlussunnah Menghukumi Manusia Sesuai Dengan Dzahir Amalnya - Kitab Al-Ishbah (Ustadz Abu Ya'la Kurnaedi, Lc.)

Inilah hikmah kenapa manusia tidak mendengar adzab kubur. Kalau manusia mendengar, maka tidak ada yang berani ke kuburan.

Dan juga dari Abu Ayyub Al-Anshari Radhiyallahu ‘Anhu, dia berkata:

خَرَجَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعْدَ مَا غَرَبَتْ الشَّمْسُ فَسَمِعَ صَوْتًا فَقَالَ يَهُودُ تُعَذَّبُ فِي قُبُورِهَا

“Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam keluar dari rumah beliau setelah matahari terbenam dan beliau pun mendengar suara. Beliau katakan: ‘Orang Yahudi diadzab dalam kuburannya.'” (HR. An-Nasa’i)

Dan juga hadits yang membuktikan bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mendengar orang-orang yang diadzab dalam kuburannya, dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘Anhuma, bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melintas di dua kuburan. Beliau berkata:

إِنَّهُمَا لَيُعَذَّبَانِ وَمَا يُعَذَّبَانِ فِي كَبِيرٍ أَمَّا أَحَدُهُمَا فَكَانَ لَا يَسْتَتِرُ مِنْ الْبَوْلِ وَأَمَّا الْآخَرُ فَكَانَ يَمْشِي بِالنَّمِيمَةِ

“Penghuni dua kuburan ini sedang diadzab, mereka diadzab dengan dosa yang menurut kalian bukan dosa besar. Yang satu disiksa karena tidak bersuci setelah kencing, sementara yang satunya suka mengadu domba.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Nabi Mendengar Suara Adzab Kubur” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Baca Juga:
Mengenal Allah Lebih Dekat

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.