Rodja Peduli

Tematik

Seluruh Amal Tergantung Niatnya

By  |  pukul 8:53 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 26 Mei 2021 pukul 8:22 am

Tautan: https://rodja.id/329

Seluruh Amal Tergantung Niatnya merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. Hafidzahullah pada Ahad, 11 Syawal 1442 H / 23 Mei 2021 M.

Ceramah Agama Islam Tentang Seluruh Amal Tergantung Niatnya

Pada pertemuan yang singkat ini insyaAllah kita akan membahas hadits tentang niat. Hadits ini ditelakkan pada urutan pertama di banyak Kitab Hadits. Di antarnya dalam kitab Shahih Bukhari. Yaitu hadits, dari ‘Umar bin Khattab Radhiyallahu ‘Anhu, beliau berkata, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

إنَّمَا الأعمَال بالنِّيَّاتِ وإِنَّما لِكُلِّ امريءٍ ما نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إلى اللهِ ورَسُولِهِ فهِجْرَتُهُ إلى اللهِ ورَسُوْلِهِ ومَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُها أو امرأةٍ يَنْكِحُهَا فهِجْرَتُهُ إلى ما هَاجَرَ إليهِ

“Sesungguhnya seluruh amal itu tergantung niatnya. Dan sesungguhnya bagi setiap orang mendapatkan apa yang diniatkannya. Barangsiapa yang hijrahnya karena Allah dan RasulNya, maka hijrahnya kepada Allah dan RasulNya (dia mendapatkan pahala). Dan barangsiapa yang hijrahnya karena dunia yang dia ingin gapai atau karena wanita yang ingin dinikahi, maka hijrahnya itu kearah sana (tidak mendapatkan pahala tapi dia mendapatkan apa yang dia inginkan dari niatnya).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Pentingnya niat

Dari hadits ini kita ambil faedah bahwa harus ada niat dalam semua amalan. Apakah niatnya karena Allah Subhanahu wa Ta’ala atau bukan? Apakah ketika hendak shalat itu kita ingin dipuji oleh manusia atau karena Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan sebaik-baik niat adalah untuk Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Baca Juga:
Mana Yang Lebih Utama Antara Penglihatan dan Pendengaran?

Keadilan Allah

Dan sesungguhnya setiap orang akan mendapatkan apa yang dia niatkan. Ini adalah keadilan Allah yang begitu sempurna. Allah memberikan dengan karuniaNya kepada siapa yang Allah kehendaki dan Allah Subhanahu wa Ta’ala mengadzab siapa yang Allah kehendaki dengan dasar keadilanNya. Dan Rabb kita sama sekali tidak mendzalimi seorangpun.

Motivasi berbuat ikhlas

Pada hadits ini Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memberikan contoh niat yang bener ketika berhijrah. Maka ketika hendak beramal, ketika sedang beramal, setelah beramal, kita selalu melihat hati kita. Hal ini agar terjaga keikhlasan.

Pertolongan Allah

Orang yang ikhlas dengan jujur, maka akan ditolong. Kalau kita ingin mendapatkan pertolongan dan mendapatkan taufik dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, maka yang harus diperhatikan pertama kali adalah masalah niat.

Jika niatnya bukan karena Allah, yaitu supaya ingin dikatakan ahli ibadah, supaya dikatakan sebagai orang shalih, maka ini berbahaya, tidak akan ditolong oleh Allah.

Bagaimana penjelasan selanjutnya?

Download mp3 Kajian Seluruh Amal Tergantung Niatnya

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama “Seluruh Amal Tergantung Niatnya” ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Baca Juga:
Menisbatkan Diri kepada Salaf dan Memakai Sebutan Salafiyah

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.