Rodja Peduli

Al-Qiyamah Ash-Shughra

Allah Membangkitkan Tulang Yang Sudah Menjadi Debu

By  |  pukul 10:10 am

Terakhir diperbaharui: Sabtu, 27 November 2021 pukul 8:27 am

Tautan: https://rodja.id/3al

Allah Membangkitkan Tulang Yang Sudah Menjadi Debu merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Al-Qiyamah Ash-Shughra yang disampaikan oleh Ustadz Ali Nur, Lc. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 10 Rabiul Akhir 1443 H / 15 November 2021 M.

Allah Membangkitkan Tulang Yang Sudah Menjadi Debu

Allah menyebutkan bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala mampu menciptakan dari sesuatu yang tidak ada menjadi ada, maka tidak sulit bagi Allah untuk mengulangi kembali menjadi ada. Kalau Allah Subhanahu wa Ta’ala mampu menciptakan makhluk yang jauh lebih besar dan rumit, apalah susahnya bagi Allah untuk menciptakan makhluk yang jauh lebih mudah. Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala mampu dengan mudah merubah satu keadaan ke keadaan lainnya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala menyebutkan tiga data ini dalam satu ayat untuk membantah pemikiran orang-orang yang tidak beriman dengan hari berbangkit. Allah berfirman:

وَضَرَبَ لَنَا مَثَلًا وَنَسِيَ خَلْقَهُ

“Mereka memberi kami satu permisalan, tapi mereka lupa dengan ciptaan mereka bagaimana. Mereka mengatakan: ‘Siapa yang mampu untuk membangkitkan kembali tulang yang sudah menjadi debu?'” (QS. Yasin[36]: 78)

Selanjutnya Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

قُلْ يُحْيِيهَا الَّذِي أَنشَأَهَا أَوَّلَ مَرَّةٍ ۖ وَهُوَ بِكُلِّ خَلْقٍ عَلِيمٌ ‎﴿٧٩﴾‏ الَّذِي جَعَلَ لَكُم مِّنَ الشَّجَرِ الْأَخْضَرِ نَارًا فَإِذَا أَنتُم مِّنْهُ تُوقِدُونَ ‎﴿٨٠﴾

Baca Juga:
Pertanyaan Pada Hari Kiamat

“Katakanlah: ‘Sesungguhnya yang menghidupkannya nanti adalah yang menciptakannya pertama kali. Sungguh Dia Maha Mengetahui atas seluruh makhluk-makhlukNya. Dia-lah yang telah menjadikan untuk kalian api dari pohon yang hijau dan kalian pun mampu menyalakan api tersebut dari pohon hijau tersebut.'” (QS. Yasin[36]: 79-80)

Lalu Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

أَوَلَيْسَ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ بِقَادِرٍ عَلَىٰ أَن يَخْلُقَ مِثْلَهُم ۚ بَلَىٰ وَهُوَ الْخَلَّاقُ الْعَلِيمُ…

“Bukankah yang menciptakan langit dan bumi mampu menciptakan yang seperti itu? Tentu, sesungguhnya Dia Maha Pencipta dan Maha Mengetahui. Sesungguhnya urusan Allah itu apabila Dia menginginkan sesuatu Dia cukup dengan mengatakan ‘Jadilah!’ maka jadilah. Maha Suci Allah yang di tanganNya-lah segala kekuasaan, dan Dia Maha Berkuasa atas segala sesuatu. Dan kepadaNya-lah kalian akan kembali.” (QS. Yasin[36]: 81-83)

Yang memberikan contoh ini adalah orang Arab yang mengingkari adanya hari berbangkit. Disebutkan dalam hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bahwasanya ada orang kafir yang mengingkari adanya hari berbangkit dimana dia datang membawa tulang yang sudah hancur. Kemudian dia hancurkan tulang tersebut dan dia hembus. Lantas dia berkata kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam:

يا محمد أتزعم أن الله يبعث هذا؟

“Ya Muhammad, apakah kamu katakan bahwasanya Allah akan menghidupkan yang seperti ini?”

Maka Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan ayat-ayatNya untuk mencela si kafir ini dikarenakan kebodohan dan kesesatannya. Seandainya dia berakal, maka dia tidak akan bertanya terntang pertanyaan ini. Karena keberadaan dan ciptaan dia dalam kehidupan ini sudah cukup sebagai jawaban terhadap pertanyaannya.

Baca Juga:
Hadits Tentang Makan dan Minum

Bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari download mp3 kajianyang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Allah Membangkitkan Tulang Yang Sudah Menjadi Debu” ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.