Masjid Al-Barkah

Fathul Majid Syarh Kitab At-Tauhid

Wajibnya Mendakwahkan Tauhid

By  |  pukul 7:41 am

Terakhir diperbaharui: Sabtu, 11 Desember 2021 pukul 8:50 am

Tautan: https://rodja.id/3b6

Wajibnya Mendakwahkan Tauhid adalah ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Fathul Majid Syarh Kitab At-Tauhid. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. pada Rabu, 26 Rabi’ul Akhir 1443 H / 01 Desember 2021 M.

Kajian Tentang Wajibnya Mendakwahkan Tauhid

Yang dimaksud dari bab ini adalah apabila seseorang sudah mengetahui tentang hakekat tauhid kemudian khawatir terhadap kesyirikan, makak dia wajib untuk mendakwahkan kepada tauhid. Hal ini agar kaum muslimin bertauhid dengan sebenar-benarnya.

Penulis kitab tauhid membawakan dalil yang pertama di dalam bab ini. Yaitu firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

قُلْ هَٰذِهِ سَبِيلِي أَدْعُو إِلَى اللَّهِ ۚ عَلَىٰ بَصِيرَةٍ أَنَا وَمَنِ اتَّبَعَنِي ۖ وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ

“Katakanlah (wahai Muhammad): ‘Inilah jalanku, dan setiap orang yang mengikutiku berdakwah kepada Allah diatas ilmu pengetahuan, Maha Suci Allah, dan tidaklah aku termasuk orang-orang yang mensyirikkan Allah Subhanahu wa Ta’ala’.” (QS. Yusuf[12]: 108)

Ketika penulis kitab tauhid menyebutkan tentang tauhid, keutamaan tauhid dan apa saja yang mengkonsekuensikan takut dari kebalikan tauhid, maka kemudian penulis Kitab Tauhid mengingatkan dengan bab ini bahwasanya tidak selayaknya bagi siapa yang mengetahui hal tersebut untuk membatasi atas dirinya saja. Tetapi wajib atasnya untuk mendakwahkan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan hikmah (yaitu dengan ilmu pengetahuan) dan dengan nasihat yang baik sebagaimana ia adalah jalan para Rasul dan pengikut-pengikutnya. Mereka senantiasa mendakwahkan dan mengajak kepada tauhid diatas ilmu dan nasihat yang baik.

Baca Juga:
Khutbah Jumat: Fenomena Tauhid Ketika Idul Adha

Sebagaimana perkataan Al-Hasan Al-Bashri Rahimahullahu Ta’ala ketika beliau membaca surah Fussilat ayat 33:

وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلًا مِّمَّن دَعَا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

“Dan siapakah yang lebih baik ucapannya dari orang yang mengajak kepada Allah dan beramal shalih, dan dia mengatakan: ‘Sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang beragama Islam.'” (QS. Fussilat[41]: 33)

Al-Hasan Al-Bashri berkata:

هذا حبيب الله ، هذا ولي الله ، هذا صفوة الله ، هذا خيرة الله ، هذا أحب أهل الأرض إلى الله ، أجاب الله في دعوته ، ودعا الناس إلى ما أجاب الله فيه من دعوته ، وعمل صالحا في إجابته ، وقال : إنني من المسلمين ، هذا خليفة الله

“Ini (orang yang berdakwah kepada tauhid) adalah wali Allah, ini adalah makhluk pilihan Allah, ini adalah makhluk terbaik yang diciptakan oleh Allah, ini adalah penduduk bumi yang paling dicintai oleh Allah, beliau menerima ajakan Allah untuk berdakwah, dan beliau mendakwahi manusia kepada apa yang Allah Subhanahu wa Ta’ala perintahkan didalamnya, dan beliau beramal shalih saat mendakwahkan tersebut, dan beliau berkata: ‘Sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang beragama Islam’, ini adalah khalifahnya Allah Subhanahu wa Ta’ala di atas muka bumi ini.”

Sehingga siapa yang mendakwahkan tauhid, berarti dia mencontoh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Dan siapa saja yang mendakwahkan tauhid, dia adalah sebaik-baik makhluk sebagaimana yang terjadi pada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Baca Juga:
Membela Orang Yang Didzalimi Bagian 2

Lihat juga: Dakwah Tauhid adalah Dakwah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari kita download dan simak mp3 kajiannya.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama “Wajibnya Mendakwahkan Tauhid” ini melalui jejaring sosial facebook, twitter dan yang lainnya agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.