Masjid Al-Barkah

Al-Furqan Min Qashashil Quran

Karomah Yang Allah Berikan Kepada Ashabul Kahfi

By  |  pukul 1:30 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 23 Desember 2021 pukul 1:04 pm

Tautan: https://rodja.id/3bo

Karomah Yang Allah Berikan Kepada Ashabul Kahfi adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Al-Furqan Min Qashashil Qur’an. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Senin, 24 Rabiuts Tsani 1443 H / 29 November 2021 M.

Kajian sebelumnya: Kisah Ashabul Kahfi dan Hadits Tentang Pemuda

Ceramah Agama Islam Tentang Karomah Yang Allah Berikan Kepada Ashabul Kahfi

Banyak karomah yang Allah berikan kepada mereka dimana Allah muliakan Ashabul Kahfi dengan karomah-karomah ini. Dan perlu diingat serta diketahui bahwa kisah yang Allah sebutkan tentang mereka ini menunjukkan Maha Mampunya Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam membela/menjaga wali-waliNya dan memuliakan mereka dengan beberapa karomah.

1. Gua Tempat Ashabul Kahfi Tinggal

Tentang gua dan tempatnya yang sesuai. Mereka hidup di gua tersebut selama 309 tahun penuh dengan kemudahan. Yaitu dengan kasih sayang Allah Subhanahu wa Ta’ala, Allah jaga mereka dari sengatan sinar matahari di pagi dan di sore hari. Ini merupakan karomah. Allah pilihkan untuk mereka gua yang cocok.

2. Sinar matahari tidak memanasi mereka

Ketika matahari terbit, sinarnya yang panas tidak mengenai mereka. Begitu juga ketika tenggelam. Dan mereka berada di tengah-tengah gua. Allah Subhanahu wa Ta’ala menyebutkan hal ini di dalam ayat-ayat yang sudah kita baca. Allah berfirman:

وَتَرَى الشَّمْسَ إِذَا طَلَعَت تَّزَاوَرُ عَن كَهْفِهِمْ ذَاتَ الْيَمِينِ وَإِذَا غَرَبَت تَّقْرِضُهُمْ ذَاتَ الشِّمَالِ وَهُمْ فِي فَجْوَةٍ مِّنْهُ ۚ ذَٰلِكَ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ…

Baca Juga:
Disyariatkannya Berobat

“Dan kamu melihat melihat ketika terbit condong dari gua mereka ke sebelah kanan, dan apabila matahari itu terbenam menjauhi mereka ke sebelah kiri, sedang mereka di dalam gua yang luas. Yang demikian itu merupakan tanda-tanda kebesaran Allah…” (QS. Al-Kahfi[18]: 17)

3. Allah menjaga jasad mereka

Menit ke-9:42  Supaya jasad mereka tidak rusak karena tidurnya yang lama, Allah Subhanahu wa Ta’ala membolak-balikkan jasad mereka ke kanan dan ke kiri. Ini merupakan karomah. Apabila dibalikkan ke sebelah kanan maka tentunya bagian tubuhnya yang sebelah kiri terkena udara, dan apabila dibalikkan di sebelah kiri maka tubuh yang sebelah kanan kena hawa. Sehingga semua sisi tubuh mereka menjadi terkena hawa sehingga sehat dan selamat.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَتَحْسَبُهُمْ أَيْقَاظًا وَهُمْ رُقُودٌ ۚ وَنُقَلِّبُهُمْ ذَاتَ الْيَمِينِ وَذَاتَ الشِّمَالِ…

“Dan kamu mengira mereka tidak tidur, padahal mereka tidur. Dan Kami lah yang membolak-balikkan mereka ke sebelah kanan dan sebelah kiri…” (QS. Al-Kahfi[18]: 18)

4. Ada anjing yang menemani

Menit ke-11:49 Anjing yang menemani mereka ketika sudah masuk gua, maka anjing diam di depan pintu gua untuk menjaga mereka sambil menghamparkan dua lengannya dan tidur bersama tidurnya mereka.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَكَلْبُهُم بَاسِطٌ ذِرَاعَيْهِ بِالْوَصِيدِ

“Dan anjing yang bersama mereka itu menghamparkan kedua lengannya dan menjaga di depan pintu gua.” (QS. Al-Kahfi[18]: 18)

Baca Juga:
Ceramah Tentang Puasa: Targhib Ramadhan

5. Dijadikan menakutkan

Menit ke-13:32 Supaya tidak ada yang penasaran untuk mendatangi dan melihat-lihat mereka, maka Allah jadikan pemandangan mereka menakutkan untuk yang melihat. Tidaklah manusia melihat mereka melainkan akan lari dan hatinya dipenuhi ketakutan.

Bisa jadi yang membuat takut adalah karena mata-mata mereka dijadikan oleh Allah terbuka. Orang yang melihatnya menyangka mereka terjaga, padahal hakikatnya mereka tidur. Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala jelaskan:

لَوِ اطَّلَعْتَ عَلَيْهِمْ لَوَلَّيْتَ مِنْهُمْ فِرَارًا وَلَمُلِئْتَ مِنْهُمْ رُعْبًا

“Kalau kamu memperhatikan mereka, niscaya akan berpaling dan lari dari mereka dan dipenuhi dengan rasa takut.” (QS. Al-Kahfi[18]: 18)

6. Allah membangunkan Ashabul Kahfi

Menit ke-15:19 Allah bangunkan mereka dari tidur yang sangat panjang (309 tahun). Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَلَبِثُوا فِي كَهْفِهِمْ ثَلَاثَ مِائَةٍ سِنِينَ وَازْدَادُوا تِسْعًا

“Mereka berada di gua selama tiga ratus tahun ditambah sembilan tahun.” (QS. Al-Kahfi[18]: 25)

Subhanallah.. Ini adalah kuasa Allah. Kita semakin yakin akan kebesaran dan Maha Mampunya Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk melakukan segala sesuatu yang menurut akal kita tidak mungkin terjadi.

Ini semuanya karomah-karomah yang Allah muliakan wali-waliNya dan merupakan tanda-tanda kebesaran dan Maha Mampunya Allah untuk melakukan segala sesuatu, serta Maha Esa-nya Allah Subhanahu wa Ta’ala. Ini menunjukkan bahwa semua perkara berada di dua tangannya Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Baca Juga:
Ilmu Adalah Jalan Keberkahan

Bagaiman pembahasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Kisah Ashabul Kahfi dan Hadits Tentang Pemuda” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.