Masjid Al-Barkah

Tauhid Asma' wa Shifat

Sifat Mata Allah

By  |  pukul 1:48 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 10 Januari 2022 pukul 6:47 pm

Tautan: https://rodja.id/3ch

Sifat Mata Allah ini adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A. dalam pembahasan Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah Tentang Nama-Nama Allah dan Sifat-SifatNya. Kajian ini disampaikan pada Jum’at, 27 Jumadil Awal 1443 H / 31 Desember 2021 M.

Kajian sebelumnya: Sifat Wajah Allah

Kajian Hadits Tentang Sifat Mata Allah

Menit ke-12:03 Pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan tentang sifat-sifat Allah Subhanahu wa Ta’ala. Telah dijelaskan sebelumnya tentang sifat wajah secara detail dan juga kebatilan syubhat orang-orang yang mentakwil sifat wajah.

Pada kesempatan kali ini kita akan menjelaskan sifat yang berkaitan dengan diri Allah Subhanahu wa Ta’ala yang ini termasuk sifat khabariyah atau yang hanya bisa dipahami dan ditetapkan berdasarkan dalil (khabar) dari Allah dan RasulNya, yaitu sifat mata.

Allah Subhanahu wa Ta’ala memiliki mata. Dan mata Allah Subhanahu wa Ta’ala dua. Mata yang sesuai dengan kebesaran, keagungan, kemuliaan, kesempurnaan yang dimiliki oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Tentunya bertentangan dengan mata yang dimiliki oleh makhlukNya, tidak sama dan tidak serupa. Karena Allah Subhanahu wa Ta’ala menjelaskan dalam Al-Qur’an:

لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ ۖ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

“Tiada satupun yang menyerupai Allah dan Allah Maha Mendengar dan Maha Melihat.” (QS. Asy-Syura'[42]: 11)

Baca Juga:
Bab Durhaka Kepada Orang Tua Adalah Dosa Besar Yang Paling Besar

Menit ke-20:08 Yang perlu dipahami di dalam perkara yang sangat urgent ini (yaitu masalah aqidah) bahwa sekedar kesamaan di dalam nama/kalimat/istilah, maka bukan berarti sama dalam hakikatnya. Sebagaimana telah dijelaskan bahwa Allah memiliki tangan dan manusia memiliki tangan, sama-sama tangan, tapi tatkala tangan dinisbatkan kepada Allah berarti telah dikhususkan dan menunjukkan kepada sesuatu yang spesial (khusus bagi Allah). Bila tangan tersebut juga dinisbatkan kepada manusia, berarti tangannya sesuai dengan kondisi/keadaan dan sifat manusia.

Lihat juga: Hakikat Sifat Tergantung Kepada Siapa Sifat Itu Dinisbatkan

Bagaimana penjelasan hadits ini? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Sifat Mata Allah” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.