Rodja Peduli

Al-Adabul Mufrad

Etika Lebih Baik dari Sebagian Amal

By  |  pukul 1:04 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 17 Januari 2022 pukul 9:06 am

Tautan: https://rodja.id/3co

Etika Lebih Baik dari Sebagian Amal adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Al-Adabul Mufrad. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. pada Senin, 17 Rabi’ul Akhir 1443 H / 22 November 2021 M.

Ceramah Agama Islam Tentang Etika Lebih Baik dari Sebagian Amal

Kita masuk ke bab باب الهدي والسمت الحسن. Ini berkaitan dengan kepribadian/sikap seseorang dengan penampilan.

Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu Ta’ala ‘Anhu berkata:

إِنَّكُمْ فِي زَمَانٍ: كَثِيرٌ فُقَهَاؤُهُ، قَلِيلٌ خُطَبَاؤُهُ، قَلِيلٌ سُؤَّالُهُ، كَثِيرٌ مُعْطُوهُ، الْعَمَلُ فِيهِ قَائِدٌ لِلْهَوَى. وَسَيَأْتِي مِنْ بَعْدِكُمْ زَمَانٌ: قَلِيلٌ فُقَهَاؤُهُ، كَثِيرٌ خُطَبَاؤُهُ، كَثِيرٌ سُؤَّالُهُ، قَلِيلٌ مُعْطُوهُ، الْهَوَى فِيهِ قَائِدٌ لِلْعَمَلِ، اعْلَمُوا أَنَّ حُسْنَ الْهَدْيِ، فِي آخِرِ الزَّمَانِ، خَيْرٌ مِنْ بَعْضِ الْعَمَلِ

“Kalian sekarang hidup disebuah zaman yang banyak ulamanya dan sedikit oratornya (penceramah), sedikit yang bertanya, yang mau menjawab pertanyaan banyak, amal pada masa ini adalah yang mengarahkan hawa nafsu. Setelah kalian akan datang suatu zaman sedikit ulamanya, yang tukang ceramah banyak, yang mau bertanya banyak, yang mau menjawab sedikit, hawa nafsu mengarahkan amalan. Ketahuilah sesungguhnya etika yang baik diakhir zaman itu lebih baik dari sebagian amal.” (HR. Bukhari)

Baca Juga:
Ahlus Sunnah Adalah Ahlul Wasath (Pertengahan)

Abdullah bin Mas’ud mengatakan hal ini kepada generasi Tabi’in. Kita tahu sabda Nabi ‘Alaihish Shalatu was Salam:

خَيْرُ النَّاسِ قَرْنِي، ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ، ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ

“Sebaik-baiknya generasi adalah generasiku, kemudian yang selanjutnya, kemudian yang selanjutnya.” (HR. Bukhari)

Maka Abdullah bin Mas’ud mengingatkan kepada para Tabi’in tentang hal ini. Yaitu sedikitnya penceramah. Yang ada adalah ulama yang mengajarkan ilmu, menyampaikan kepada masyarakat tentang apa yang seharusnya mereka lakukan, mengenalkan mereka dengan hukum-hukum syariat Islam. Dimasa itu masih banyak masih banyak para sahabat Nabi, kemudian di antara para Tabi’in yang menjadi ulama juga tidak sedikit.

Lihat juga: Mengenal Keutamaan dan Mengikuti Jejak Sebaik-baik Manusia

Sedikit yang bertanya

Kenapa sedikit yang bertanya? Yaitu karena mereka belajar. Sedangkan seseorang kalau belajar maka menjadi paham dan tidak perlu bertanya lagi. Dia tahu bahwa ternyata tidak  boleh melakukan sesuatu mungkin dari membaca, hadir kajian, dan menyimak.

Subhanallah.. dimasa itu sedikit yang bertanya karena mereka sudah belajar. Dimasa kita sekarang orang yang belajar agama sangat sedikit, yang mau belajar agama juga sedikit.

Amal mengarahkan hawa nafsu

Kita punya hawa nafsu, kita punya keinginan. Kalau kita menuruti keinginan, maka neraka menjadi tempat kita. Karena Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

إِنَّ النَّفْسَ لَأَمَّارَةٌ بِالسُّوءِ

“…sesungguhnya nafsu itu benar-benar memerintahkan kepada keburukan…” (QS. Yusuf[21]: 53)

Baca Juga:
Biografi Singkat Imam Muslim

Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala mengatakan:

وَأَمَّا مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ وَنَهَى النَّفْسَ عَنِ الْهَوَىٰ ‎﴿٤٠﴾‏ فَإِنَّ الْجَنَّةَ هِيَ الْمَأْوَىٰ ‎﴿٤١﴾

“Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Rabbnya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempatnya.” (QS. An-Nazi’at[79]: 41)

Dimasa para sahabat dan para Tabi’in yang mengarahkan hawa nafsu adalah amal. Artinya dengan orang beramal maka nafsunya ikut. Tapi masa itu lewat, masa itu telah berlalu.

Etika lebih baik dari sebagian amal

Menit ke-21:02 Berapa banyak orang yang menilai kita dari gaya dan bagaimana kita bermuamalah, bagaimana kita bersikap. Maka di sini disebutkan bahwa diakhir zaman nanti etika lebih baik dari sebagian amal. Karena ada orang yang amalnya shalih dan ibadahnya banyak, tapi kalau melihat gaya, kepribadian dan sikapnya, kita merasa heran.

Maka untuk yang sudah ngaji tolong itu dipraktekkan. Semestinya ilmu berpegaruh kepada penampilannya sebagaimana juga berpengaruh kepada kejiwaannya.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak pembahasan yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Etika Lebih Baik dari Sebagian Amal” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Baca Juga:
Ragam Kekerasan Dalam Rumah Tangga Bagian 2

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.