Masjid Al-Barkah

Talbis Iblis

Was-Was Saat Bersuci

By  |  pukul 4:15 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 14 Februari 2022 pukul 10:12 am

Tautan: https://rodja.id/3dg

Was-Was Saat Bersuci ini adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Talbis Iblis. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary pada Senin, 5 Rajab 1443 H / 07 Februari 2022 M.

Kajian Islam Tentang Was-Was Saat Bersuci

Di antara tipu daya dan talbis iblis dalam bab thaharah adalah berkaitan dengan pakaian yang dikenakan untuk ibadah, yaitu untuk shalat. Karena salah satu syarat shalat adalah bersih pakaian dan tempat dari najis. Di sinilah iblis masuk membisikkan dan menghembuskan was-wasnya kepada orang yang akan shalat terkait pakaian yang mereka kenakan. Setan membisiki seolah-olah pakaian itu ia tidak suci dan perlu dicuci.

Maka kita dapati seseorang yang terkena was-was seperti ini mencuci pakaiannya berkali-kali padahal pakaian itu sudah suci. Hanya karena was-was saja seolah-olah pakaian itu telah menempel najis padanya. Bahkan Ibnul Jauzi mengatakan ada yang ekstrim mencuci pakaiannya di sungai karena menganggap tidak sah dicuci di rumah. Bahkan ada pula yang memasukkan pakaiannya ke dalam sumur seperti halnya orang-orang Yahudi yang terkenal berlebih-lebihan dalam bab thaharah ini, kebalikannya orang Nasrani yang mengabaikan bab thaharah.

Adapun muslim pertengahan di antara keduanya. Karena muslim selalu bersikap tengah tengah dalam segala hal. Berbeda dengan orang-orang Yahudi dan Nasrani yang selalu berada di dua sisi yang berlawanan. Orang-orang Yahudi ini bahkan ada yang menggunting pakaiannya karena khawatir ada najis disitu.

Baca Juga:
Pendidikan Mental Anak - Fiqhul Usrah (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

Ini termasuk penghambur-hamburan harta tentunya. Berapa banyak baju yang akan dibuang/rusak jika ada najis menempel padanya harus digunting? Sebagian orang ada yang berlebih-lebihan juga dalam banyak hal, terutama di dalam bab thaharah. Maka setan dengan mudah memasukkan was-was ke dalam hatinya. Sehingga dia merasa kesulitan sendiri.

Para sahabat yang mulia tidak pernah berbuat seperti itu. Mereka shalat dengan pakaian yang mereka kenakan sehari-hari. Apalagi shalat lima waktu yang kadang-kadang tidak selamanya kita berada di rumah. Terkadang kita berada di tempat kerja. Sebagian orang gara-gara bajunya bau keringat maka dia tidak shalat. Padahal keringat itu tidak najis.

Jadi banyak manusia yang terjangkit penyakit was-was. Dan setan terus menambah keragu-raguan. Sehingga menyulitkan mereka sendiri. Padahal agama ini mudah.

وَلَنْ يُشَادَّ الدِّينَ أَحَدٌ إِلَّا غَلَبَهُ

“Tidak ada yang mempersulit dirinya di dalam agama melainkan dia akan kalah.” (HR. Bukhari)

Yaitu dia akan meninggalkan agama itu karena dia merasa berat. Padahal agama itu sejalan dengan fitrah manusia.

Bagaimana cara selamat dari talbis iblis ini? Mari download mp3 kajian dan simak pembahasan yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Was-Was Saat Bersuci” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Baca Juga:
Hukum Sihir dan Membantu Orang Kafir Untuk Memerangi Kaum Muslimin

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.