Masjid Al-Barkah

Ayat-Ayat Ahkam

Mukjizat Nabi Isa ‘Alaihis Salam

By  |  pukul 1:49 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 17 Mei 2022 pukul 9:28 am

Tautan: https://rodja.id/3gg

Tafsir Ali Imran Ayat 49 – Mukjizat Nabi Isa ‘Alaihis Salam adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Ayat-Ayat Ahkam. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Kamis, 11 Syawal 1443 H / 12 Mei 2022 M.

Tafsir Ali Imran Ayat 49 – Mukjizat Nabi Isa ‘Alaihis Salam

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَرَسُولًا إِلَىٰ بَنِي إِسْرَائِيلَ أَنِّي قَدْ جِئْتُكُم بِآيَةٍ مِّن رَّبِّكُمْ ۖ أَنِّي أَخْلُقُ لَكُم مِّنَ الطِّينِ كَهَيْئَةِ الطَّيْرِ فَأَنفُخُ فِيهِ فَيَكُونُ طَيْرًا بِإِذْنِ اللَّهِ ۖ وَأُبْرِئُ الْأَكْمَهَ وَالْأَبْرَصَ وَأُحْيِي الْمَوْتَىٰ بِإِذْنِ اللَّهِ ۖ وَأُنَبِّئُكُم بِمَا تَأْكُلُونَ وَمَا تَدَّخِرُونَ فِي بُيُوتِكُمْ ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لَّكُمْ إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ

“Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala menjadikan Isa sebagai seorang rasul yang diutus kepada Bani Israil. Beliau berkata: ‘Sesungguhnya aku telah datang kepada kalian dengan membawa ayat (mukjizat) dari Rabb, dan sesungguhnya aku bisa membuat untuk kalian dari tanah sesuatu yang berbentuk seperti burung, kemudian aku meniupnya dan ia menjadi burung dengan izin Allah. Dan aku menyembuhkan orang yang buta dari lahir, dan orang yang berpenyakit kusta, dan aku bisa menghidupkan orang-orang yang mati dengan izin Allah. Dan aku mengabarkan kepada kalian tentang apa yang kalian makan dan apa yang kalian simpan di rumah kalian. Sesungguhnya di dalam hal yang demikian itu ada tanda-tanda kebesaran Allah bagi kalian jika kalian beriman.” (QS. Ali Imran[3]: 49)

Baca Juga:
Wajibnya Mengingatkan Umat dari Bid'ah - Al-Ishbah (Ustadz Kurnaedi, Lc.)

Di antara faedah yang bisa kita ambil dari ayat yang mulia ini adalah:

Isa adalah rasul bagi Bani Israil

Ayat ini menetapkan bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala mengutus Isa menjadi rasul bagi Bani Israil dengan firmanNya وَرَسُولًا إِلَىٰ بَنِي إِسْرَائِيلَ. Dan ayat ini tentunya membantah orang-orang Yahudi yang mana mereka mendustakan risalah Isa ‘Alaihis Salam.

Ini menunjukkan tentang keutamaan Islam. Di mana Islam menyingkap bahwa apa yang didustakan oleh kaum Yahudi itu tidak benar. Dan di dalam Al-Qur’an Allah Subhanahu wa Ta’ala menjelaskan bahwa Nabi Isa adalah seorang rasul.

Risalah Isa ‘Alaihis Salam umum untuk seluruh Bani Israil

Allah menguatkan Nabi Isa dengan mukjizat

Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam ayat ini menguatkan Isa dengan ayat-ayat kauniyah (mukjizat). Dimana Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan kesanggupan dengan izinNya kepada Nabi Isa untuk mencipta dari tanah seperti bentuk burung. Beliau meniup sehingga tanah tersebut menjadi burung yang hidup kemudian bisa terbang dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Juga Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan mukjizat kepada Nabi Isa ‘Alaihis Salam dimana Nabi Isa bisa menyembuhkan orang yang buta. Sebagian ulama  mengatakan buta sejak lahir, dan sebagian ulama mengatakan buta secara umum.

Juga bisa menyembuhkan penyakit kusta. Dan juga bisa menghidupkan orang-orang yang mati dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Baca Juga:
Mengutamakan dan Mendahulukan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam

Ini semua disebut dalam ayat ini sebagai mukjizat yang Allah berikan kepada Nabi Isa ‘Alaihis Salam. Dimana disaat itu banyak dokter. Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan kemampuan kepada Nabi Isa untuk bisa menyembuhkan orang yang buta dan kusta. Dimana dua penyakit ini sesuatu yang sangat berat bahkan para dokter tidak sanggup untuk menyembuhkannya. Apalagi menghidupkan orang mati.

Subhanallah.. Ini merupakan mukjizat besar yang Allah berikan kepada Nabi Isa.

Dan Allah mengatakan di ayat ini bahwa Nabi Isa bisa mengabarkan kepada Bani Israil tentang apa yang mereka makan dan apa yang mereka simpan di rumah-rumah mereka.

Rububiyah Allah

Ayat ini menetapkan tentang rububiyah Allah Subhanahu wa Ta’ala yang umum kepada Bani Israil dan semua makhlukNya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: مِّن رَّبِّكُمْ (dari Rabb kalian).

Isa ‘Alaihis Salam berlemah-lembut

Isa ‘Alaihis Salam mengatakan: أَنِّي قَدْ جِئْتُكُم بِآيَةٍ مِّن رَّبِّكُمْ dalam rangka menarik hati Bani Israil. Ini untuk memberitahukan bahwa yang memberi nikmat adalah Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dimana kenikmatan ini seharusnya bisa mendorong untuk mentaati Allah Subhanahu wa Ta’ala, untuk membenarkan utusanNya dan tidak memaksiatinya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala Maha Mampu

Ayat-ayat kauniyah yang besar berupa mukjizat yang Allah berikan kepada Nabi Isa ini tidak ada seorang makhluk pun yang sanggup untuk melakukannya kecuali dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala. Ini merupakan dalil yang sangat besar tentang kesempurnaan dari qudrahnya Allah Subhanahu wa Ta’ala. Allah Subhanahu wa Ta’ala Maha Mampu untuk melakukan segala sesuatu.

Baca Juga:
Keutamaan Mempelajari Asma' wa Shifat

Allah Subhanahu wa Ta’ala terkadang membolehkan untuk melakukan sebuah perkara karena ada hikmah di situ yang hukum asalnya haramnya. Ini Allah bolehkan bagi siapa yang Allah kehendaki.

Syahid dari ayat ini adalah: “Aku mencipta untuk kalian dari tanah semacam patung yang bentuknya seperti burung.” Padahal hukum asal membuat patung seperti burung adalah haram. Tetapi ketika ini merupakan perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala, maka menjadi mubah.

Yang mirip dengan kasus ini adalah ketika Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kepada para malaikat untuk sujud ke Nabi Adam. Padahal hukum asalnya sujud itu tidak boleh dilakukan kepada selain Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari Download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian Tafsir Ali Imran Ayat 49 – Mukjizat Nabi Isa ‘Alaihis Salam

Mari turut membagikan link download kajian yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Baca Juga:
Hukum Mendengarkan Musik Bagi Wanita

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.